PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 5 No 1 (2022): Journal on Pedagogical Mathematics

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs DDI BARUGA

Atika Rahmawati (Universitas Sulawesi Barat)
Rezki Amaliyah AR (Universitas Sulawesi Barat)
Ana Muliana M (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan sikap siswa pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs DDI Baruga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex-post facto dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa dari populasi kelas VIII MTs DDI Baruga, yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket kecerdasan emosional, (2) angket sikap siswa pada mata pelajaran matematika, dan (3) tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linearitas, heteroskedastisitas dan multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan uji T, uji F, analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian statistik deskriptif menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional siswa berada pada kategori kurang, (2) sikap siswa pada mata pelajaran matematika berada pada kategori sedang, dan (3) hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sikap siswa pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa, dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional dan sikap siswa pada mata pelajaran matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...