Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 2, No 1 (2022): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia

KONJUNGSI KOORDINATIF DALAM NOVEL JIWO J#NCUK KARYA SUJIWO TEJO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sri Yulianti (Universitas Indraprasta PGRI)
Dewi Indah Susanti (Universitas Indraprasta PGRI)
Ira Mayasari (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana konjungsi koordinatif yangada di dalam novel Jiwo J#ncuk karya Sujiwo Tejo dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasaIndonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metodedeskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengenai konjungsi koordinatif dalam NovelJiwo J#ncuk karya Sujiwo Tejo, dapat diketahui terdapat konjungsi koordinatif sebanyak 653 temuan.Frekuensi jenis konjungsi koordinatif penjumlahan menduduki peringkat tertinggi sebanyak 491 (75,2%),frekuensi jenis konjungsi koordinatif pemilihan sebanyak 57 (8,7%), frekuensi jenis konjungsi koordinatifpertentangan sebanyak 15 (2,2%), frekuensi jenis konjungsi koordinatif penyamaan sebanyak 70 (10,7%),dan frekuensi jenis konjungsi koordinatif penyimpulan menduduki peringkat terendah sebanyak 20 (3%).Dalam frekuensi yang disebutkan tersebut, terdapat benar dan salah dalam pemakaian konjungsikoordinatif, seperti konjungsi koordinatif penjumlahan dan salah sebanyak 138 temuan dan benarsebanyak 224 temuan. Dari hasil penelitian ini, banyak variasi konjungsi koordinatif yang digunakan olehpengarang, sehingga dapat dijadikan acuan bagi guru dalam memberikan latihan-latihan dan contohcontoh konjungsi koordinatif yang beraneka ragam.Kata Kunci: Konjungsi Koordinatif, Novel Jiwo J#ncuk Karya Sujiwo Tejo

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alegori

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Alegori: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a scientific journal that contains articles compiled by Indonesian Language Education students and reviewed by reviewers. Presented using a balanced qualitative and quantitative approach. This journal focuses on various important issues in Indonesian ...