cover
Contact Name
Heppy Atmapratiwi
Contact Email
jurnalpbi.unindra@gmail.com
Phone
+628568009794
Journal Mail Official
jurnalpbi.unindra@gmail.com
Editorial Address
https://jim.unindra.ac.id/index.php/alegori/about/editorialTeam
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 27988937     EISSN : 28082273     DOI : https://doi.org/10.30998/.v2i02.8261
Core Subject : Education,
Alegori: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a scientific journal that contains articles compiled by Indonesian Language Education students and reviewed by reviewers. Presented using a balanced qualitative and quantitative approach. This journal focuses on various important issues in Indonesian Language Education, namely Learning Indonesian Language and Literature.
Articles 70 Documents
PENGGAMBARAN KARAKTER TOKOH UTAMA PADA FILM AJARI AKU ISLAM KARYA JAYMES RIYANTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Noviarini Hidayah; Hery Purwosusanto; Erna Megawati
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.978 KB) | DOI: 10.30998/.v1i1.3826

Abstract

Fenomena mualaf yang sedang menjadi perhatian besar di dunia. Islam menjadi agama yang saat ini paling pesat perkembangannya. Salah satunya karena tingginya angka mualaf di negeri muslim maupun dunia Barat. Hal ini terjadi karena agama lamanya tidak mampu menjawab problematika yang ada. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik analisis isi, yaitu penggambaran karakter tokoh utama berupa dialog. Setelah dianalisis dan presentase, data dijadikan pedoman untuk membuat simpulan tentang penggambaran karakter tokoh utama pada film. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggambaran karakter tokoh utama pada film Ajari Aku Islam karya Jaymes Riyanto dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di kelas XI dalam materi cerpen. Penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di kelas XI dalam materi cerpen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis terhadap dialog film Ajari Aku Islam, ditemukan beberapa kutipan dialog dengan cara penggambaran karakteristik tokoh. Penggambaran tersebut kemudian dihitung untuk mendapatkan persentase dari masingmasing penggambaran tokoh utama. Dengan bimbingan guru, siswa dapat belajar menggambarkan karakter tokoh utama pada film.
KONJUNGSI KOORDINATIF DALAM NOVEL JIWO J#NCUK KARYA SUJIWO TEJO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Sri Yulianti; Dewi Indah Susanti; Ira Mayasari
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 1 (2022): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.699 KB) | DOI: 10.30998/.v2i01.6605

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana konjungsi koordinatif yangada di dalam novel Jiwo J#ncuk karya Sujiwo Tejo dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasaIndonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metodedeskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengenai konjungsi koordinatif dalam NovelJiwo J#ncuk karya Sujiwo Tejo, dapat diketahui terdapat konjungsi koordinatif sebanyak 653 temuan.Frekuensi jenis konjungsi koordinatif penjumlahan menduduki peringkat tertinggi sebanyak 491 (75,2%),frekuensi jenis konjungsi koordinatif pemilihan sebanyak 57 (8,7%), frekuensi jenis konjungsi koordinatifpertentangan sebanyak 15 (2,2%), frekuensi jenis konjungsi koordinatif penyamaan sebanyak 70 (10,7%),dan frekuensi jenis konjungsi koordinatif penyimpulan menduduki peringkat terendah sebanyak 20 (3%).Dalam frekuensi yang disebutkan tersebut, terdapat benar dan salah dalam pemakaian konjungsikoordinatif, seperti konjungsi koordinatif penjumlahan dan salah sebanyak 138 temuan dan benarsebanyak 224 temuan. Dari hasil penelitian ini, banyak variasi konjungsi koordinatif yang digunakan olehpengarang, sehingga dapat dijadikan acuan bagi guru dalam memberikan latihan-latihan dan contohcontoh konjungsi koordinatif yang beraneka ragam.Kata Kunci: Konjungsi Koordinatif, Novel Jiwo J#ncuk Karya Sujiwo Tejo
PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PAD SISWA KELAS VIII SMP ISLAM ARRIDHO DEPOK Rusda Sabila; Bambang Sumadyo; Adi Permana
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.026 KB) | DOI: 10.30998/.v1i2.6280

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Arridho Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menyusun intrumen penelitian. Intrumen adalah tes khusus yang diberikan kepada sampel berupa instrumen mengerjakan sebanyak 30 soal. Populasi terjangkau dengan sampel sebanyak 40 siswa. Hasil analisis data menunjukan terdapat Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Arridho Depok. Hal ini didasarkan pada pengujian hipotesis dengan uji homogenitas diperoleh <  yaitu 1,04 < 1,69. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t  >  atau 2,1 > 1,66 sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dari pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Hal tersebut menunjukan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa IndonesiaKata Kunci: Reward, Punishment, Hasil Belajar, Pengaruh
PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS OPINI DI KELAS XI PONDOK PESANTREN MA AL-HAMID JAKARTA TIMUR Muhammad Fikri Ramadhan; Yayan Sudrajat; Bambang Sumadyo
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.715 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8309

Abstract

GAYA BAHASA SINDIRAN DALAM KUMPULAN CERPEN LELUCON PARA KORUPTOR KARYA AGUS NOOR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Sashi Khaerani; Bambang Sumadyo; Ahmad Khoiril Anam
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.188 KB) | DOI: 10.30998/.v1i1.3814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya bahasa sindiran dalam kumpulan cerpen Lelucon Para Koruptor karya Agus Noor dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi. Dalam penelitian ini penulis mengambil data berdasarkan penggunaan gaya bahasa sindiran dalam kumpulan cerpen Lelucon Para Koruptor menggunakan metode deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya gaya bahasa sindiran yang terbagi menjadi lima jenis, yaitu gaya bahasa sarkasme sejumlah 13 data (10,74%), gaya bahasa sinisme sejumlah 29 (23,97%), gaya bahasa ironi sejumlah 33 (27,27%), gaya bahasa satire sejumlah 25 (20,67%), gaya bahasa innuendo sejumlah 21 (17,35%). Setelah penulis menganalisis gaya bahasa sindiran dalam kumpulan cerpen Lelucon Para Koruptor karya Agus Noor, penulis menarik simpulan bahwa gaya bahasa sindiran yang memiliki jumlah paling banyak adalah gaya bahasa ironi
FEMINIS LIBERAL DALAM KITAB PUISI PERIHAL GENDIS KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Bethari Madyaratri Indira Murti; Fatimah Fatimah; Yulia Agustin
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 1 (2022): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.698 KB) | DOI: 10.30998/.v2i01.6592

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menginterpretasikan adanya feminis liberal dalam kitab puisi Perihal Gendis karya Sapardi Djoko Damono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik penelitian analisis isi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengenai feminis liberal dalam kitab puisi Perihal Gendis karya Sapardi Djoko Damono terbagi menjadi subfokus dalam feminis berupa hak mendapat pendidikan yang setara ditemukan 34 bait atau setara 24,81%; hak memilih 54 bait atau setara 39,42%; hak berorganisasi 6 bait atau setara 4,38%; hak kepemilikan dan kebebasan 21 bait atau setara 15,33%; serta hak mengembangkan diri 22 bait atau setara 16,06%. Dari data yang diperoleh dapat ditarik simpulan bahwa subfokus berupa hak memilih memiliki jumlah 54 bait atau setara 39,42% yang artinya lebih banyak dibandingkan subfokus feminis liberal lainnya dalam kitab puisi tersebut. Kata Kunci: Feminis Liberal, Puisi, Kitab Puisi “Perihal Gendis”, Keterampilan Menulis Puisi
CAMPUR KODE DALAM ACARA GELAR WICARAMATA NAJWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA Ririn Agustina; Memmy Dwi Jayanti; Astuti Samosir
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.42 KB) | DOI: 10.30998/.v1i2.6271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui campur kode di dalam acara gelar wicara Mata Najwa danimplikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif. Data penelitian merupakan data tertulis berupa transkip ujaran atau tuturan yangdiucapkan oleh pembawa acara dan bintang tamu dalam acara gelar wicara Mata Najwa. Sumber datapenelitian ini ialah campur kode dalam acara gelar wicara Mata Najwa episode “Beres-beres Kursi Menkes”dan “Cerita Pilu Ruang ICU”. Data diperoleh dengan menggunakan teknik rekam, simak, dan catat.Berdasarkan hasil analisis campur kode dalam acara gelar wicara Mata Najwa terdapat 98 temuan yangterdiri dari campur kode kata sebanyak 51 temuan atau 52%, campur kode frasa sebanyak 28 temuan atau29%, campur kode baster sebanyak 12 temuan atau 12%, campur kode pengulangan kata sebanyak 3 atau3%, campur kode klausa sebanyak 1 atau 1%, dan camur kode idiom sebanyak 3 atau 3%. Sesuai denganKD 3.6 tentang menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial dan 4.6 merancang teks editorial denganmemerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis, penelitian ini dapat dijadikan sebagaiacuan karena di dalamnya terdapat banyak unsur campur kode.Kata Kunci: Campur Kode, Mata Najwa, Pembelajaran Bahasa Indonesia
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMPARAFRASEKAN PUISI RAKYAT PADA SISWA KELAS VII DI SMP AL-JIHAD BOGOR Cecep Haerudin; Adi Permana; Heppy Atmapratiwi
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.79 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8292

Abstract

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP HARJAMUKTI DEPOK Lulu&#039; Ur Rohmah; Siti Jubei; Azhari Ikhwati
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.374 KB) | DOI: 10.30998/.v1i1.3833

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguraikan: (1) perbedaan menulis teks laporan hasil observasi yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri dengan menulis teks laporan hasil observasi yang tidak menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok, (2) kesesuaian penggunaan metode pembelajaran inkuiri untuk diterapkan dalam materi menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok, dan (3) pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok. Metode penelitian ini adalah metode penelitian true exsperimental design dengan bentuk posttest only control design. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t separate variance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kedua metode dan pengaruh yang signifikan pada pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok, yaitu sebesar ????ℎ???????????????????? = 6,9263 > ???????????????????????? = 2,042. Adanya perbedaan dan pengaruh yang signifikan tersebut, bisa disimpulkan bahwa ada kesesuaian metode metode pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Harjamukti Depok.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL TAPAK JEJAK KARYA FIERSA BESARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Desi Diana Lestari; Memmy Dwi Jayanti; Irham Ramdani
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 1 (2022): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.18 KB) | DOI: 10.30998/.v2i01.6611

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel TapakJejak, yang kemudian hasilnya akan diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasilpenelitian menunjukkan terdapat nilai-nilai kehidupan di dalam novel Tapak Jejak Karya FiersaBesari yang meliputi: Nilai kedamaian 9,46%, niali penghargaan 9,46%, nilai cinta 4,05%, nilaitoleransi 6,76%, nilai kejujuran 10,81%, nilai kerendahan hati 8,11%, nilai kerjasama 6,76%, nilaikebahagiaan 9,46%, nilai tanggung jawab 10,81%, nilai kesederhanaan 5,40%, nilai kebebasan12,16%, dan nilai persatuan 6,76%. Seluruh data temuan berjumlah 74 data dan dapat ditentukanjika kesimpulan penelitian ini mengacu pada variasi jenis nilai-nilai pendidikan yang amatberagam sebagai suatu bacaan novel.Kata Kunci: Novel “Tapak Jejak”, Nilai-nilai pendidikan, novel, pembelajaran bahasa Indonesia