Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 2, No 1 (2022): Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia

PENGARUH GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP KREATIVITAS MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 TAJURHALANG

Natalia Natalia (Universitas Indraprasta PGRI)
Ade Siti Haryanti (Universitas Indraprasta PGRI)
Adi Permana (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Gaya Belajar Kinestetik terhadap Kreativitas Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMAN 1 Tajurhalang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan analisis uji beda rata-rata. Pengumpulan data dilakukan dengan menyusun instrumen penelitian. Instrumen adalah tes khusus yang diberikan kepada sampel berupa instrumen menulis Teks Biografi. Populasi terjangkau sebanyak 72 siswa dengan sampel sebanyak 48 siswa. Hasil analisis data menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Gaya Belajar Kinestetik terhadap Kreativitas Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMAN 1 Tajurhalang. Hal ini didasarkan pada pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel (6,03 > 2,01). Rata-rata kreativitas menulis teks biografi yang menggunakan Gaya Belajar Kinestetik sebesar 86,33 lebih tinggi dari pada yang menggunakan gaya belajar auditorial sebesar 66,5. Kata Kunci : Gaya Belajar Kinestetik, Kreativitas Menulis dan Teks Biografi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alegori

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Alegori: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a scientific journal that contains articles compiled by Indonesian Language Education students and reviewed by reviewers. Presented using a balanced qualitative and quantitative approach. This journal focuses on various important issues in Indonesian ...