Penelitian ini adalah penelitian PTK yang bertujuan yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan model contextual teaching and learning pada materi keragaman suku bangsa kelas IV UPT SDN 4 Arawa. 2) Untuk mengetahui menerapkan model contextual teaching and learning pada materi keragaman suku bangsa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN 4 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang.Pendekatan yang digunakan adalah pen-dekatan kualitatif. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas (PTK) . Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dengan men-erapkan model Contextual Teaching and Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa yang terdiri dari 25 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini di rencanakan terdiri dari empat komponen yakni: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi 4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori Kurang dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu presentasi hasil belajar berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model contextual teaching and learning dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar pada materi Keragaman Suku Bangsa siswa kelas IV UPT SDN 4 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang.This research is a PTKĀ research which aims: 1) To find out the application of the con-textual teaching and learning model to the material of ethnic diversity for class IV UPT SDN 4 Arawa. 2) To find out that applying the contextual teaching and learning model to the material of ethnic diversity can improve the learning outcomes of fourth grade students of UPT SDN 4 Arawa, Sidenreng Rappang ssssRegency. The approach used is a qualita-tive approach. The type of research is classroom action research (CAR). The focus of this research is the focus of the process and student learning outcomes on natural resource materials by applying the Contextual Teaching and Learning model. Data collection tech-niques used are observation, tests, and documentation. The subjects of this study were teachers and students consisting of 25 students. The implementation of this classroom ac-tion research is planned to consist of four components, namely: 1) Planning, 2) Action, 3) Observation 4) Reflection. This research was conducted in two cycles. The results of the research in the first cycle were in the Less category and there was an increase in the sec-ond cycle, namely the presentation of learning outcomes in the good category and had reached the predetermined indicators. The conclusion in this study is that applying the contextual teaching and learning model can improve the learning process and learning outcomes on the material on Ethnic Diversity for fourth grade students of UPT SDN 4 Arawa, Sidenreng Rappang Regency.
Copyrights © 2023