Penelitian ini mengenai peningkatan hasil belajar materi keliling bangun datar menggunakan flipbook siswa kelas 3 SDN 01 Pandean kota madiun. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi kelas, tes individu serta didukung oleh angket dan wawancara dengan siswa dan guru. Hasil data penelitian memperlihatkan penggunaan media flipbook berdampak secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling bangun datar. Dalam siklus 1 terdapat 67 % siswa yang tuntas secara optimal. sedangkan pada siklus 2 terdapat 93% siswa yang mencapai target belajar dan hanya 7% siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Siswa memberikan tanggapan positif terkait dengan penggunaan flipbook dalam pembelajaran, yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga, disarankan agar guru dapat mempertimbangkan penggunaan media flipbook sebagai media pembelajaran dalam mengajarkan Materi menghitung keliling bangun datar. Selain itu, Penting untuk dilakukan pelatihan dan pengenalan kepada guru-guru Pemanfaatan media flipbook dalam proses pembelajaran Kata kunci: Peningkatan hasil belajar siswa, Keliling bangun datar, Media flipbook
Copyrights © 2023