Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Volume 08, Nomor 01, June 2023

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELILING BANGUN DATAR SISWA KELAS 3 SDN 01 PANDEAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA FLIPBOOK

Ghada Ayundari (Universitas PGRI Madiun)
Ibadullah Malawi (Universitas PGRI Madiun)
Sukirno (SDN 01 Pandean Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
26 May 2023

Abstract

Penelitian ini mengenai peningkatan hasil belajar materi keliling bangun datar menggunakan flipbook siswa kelas 3 SDN 01 Pandean kota madiun. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi kelas, tes individu serta didukung oleh angket dan wawancara dengan siswa dan guru. Hasil data penelitian memperlihatkan penggunaan media flipbook berdampak secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling bangun datar. Dalam siklus 1 terdapat 67 % siswa yang tuntas secara optimal. sedangkan pada siklus 2 terdapat 93% siswa yang mencapai target belajar dan hanya 7% siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Siswa memberikan tanggapan positif terkait dengan penggunaan flipbook dalam pembelajaran, yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga, disarankan agar guru dapat mempertimbangkan penggunaan media flipbook sebagai media pembelajaran dalam mengajarkan Materi menghitung keliling bangun datar. Selain itu, Penting untuk dilakukan pelatihan dan pengenalan kepada guru-guru Pemanfaatan media flipbook dalam proses pembelajaran Kata kunci: Peningkatan hasil belajar siswa, Keliling bangun datar, Media flipbook

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...