SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 7, No 2 (2023): June

PELATIHAN KODING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA

Irma Darmayanti (Universitas Amikom Purwokerto)
Nandang Hermanto (Universitas Amikom Purwokerto)
Pungkas Subarkah (Universitas Amikom Purwokerto)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2023

Abstract

ABSTRAKSemakin maju suatu teknologi tentunya memberikan pengaruh yang besar pula pada berbagai bidang. Salah satu pengaruh negatif dari revolusi industri keempat ini adalah potensi pengurangan karyawan yang disebabkan oleh otomatisasi. Jadi, untuk memerangi pengaruh negatif dari pertumbuhan teknologi sangat penting untuk mempersiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia dari sudut pandang IPTEK sejak dini. Computational thinking merupakan salah satu kemampuan yang paling penting di era revolusi industri keempat. SMP Telkom Purwokerto sebagai sekolah unggulan yang memadukan IPTEK dalam desain pembelajarannya. Namun, dari hasil observasi yang dilakukan disekolah, 140 siswa belum terlatih computational thinking ditimbulkan oleh kurangnya kesempatan dan sumber daya untuk mempelajari computational thinking, serta kurangnya penekanan kurikulum pada pengembangan kemampuan computational thinking. Oleh karena itu, pelatihan koding atau programming menjadi solusi untuk mengembangkan computational thinking siswa SMP Telkom Purwokerto. Pelatihan koding dilakukan dengan software MIT App Inventor. Hasilnya,  92% siswa menyebutkan MIT App Inventor memberikan pembelajaran koding yang menarik serta 88% siswa sepakat bahwa MIT App Inventor mudah dipahami dan siswapun dapat menerapkannya untuk membuat permainan-permainan sederhana di smartphone. Siswa pun menunjukan ketertarikannya terhadap pengkodingan, yang mana belajar koding secara tidak langsung menumbuhkan daya nalar siswa dan menumbuhkan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan. Kata kunci: koding; computational thinking; pelatihan; MIT app inventor. ABSTRACTThe more advanced a technology is, of course, it also has a great influence on various fields. One of the negative effects of this fourth industrial revolution is the potential for employee attrition caused by automation. So, to combat the negative effects of technological growth, it is very important to prepare and develop human resources from the point of view of science and technology early on. Computational thinking is one of the most important skills in the fourth industrial revolution. SMP Telkom Purwokerto as a leading school that integrates science and technology in its learning design. However, from the observations made at school, 140 students have not been trained in computational thinking is caused by the lack of opportunities and resources to learn computational thinking, as well as the lack of curriculum emphasis on developing computational thinking skills. Therefore, coding or programming training is a solution to develop computational thinking of Telkom Purwokerto Junior High School students. Coding training is conducted with MIT App Inventor software. As a result, 92% of students mentioned that MIT App Inventor provides interesting coding learning and 88% of students agreed that MIT App Inventor is easy to understand and students can apply it to make simple games on smartphones. Students also show their interest in coding, which learning coding indirectly fosters students' reasoning power and fosters students' ability to solve problems. Keywords: coding; computational thinking; training; MIT app inventor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...