Gulawentah:Jurnal Studi Sosial
Vol 8, No 1 (2023)

Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik SMPN 3 Bandar Kabupaten Pacitan

Hamidah Nursuciana (Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang)
Agung Wiradimadja (Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

AbstrakKeterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran IPS sering kali terbilang rendah. Dengan demikian, guru IPS memiliki peran untuk mendorong motivasi belajar peserta didik terutama dalam proses peningkatan partisipasi belajar. Rendahnya partisipasi belajar IPS peserta didik di SMPN 3 Bandar diakibatkan karena adanya rasa bosan dan jenuh ketika kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan partisipasi belajar IPS peserta didik SMPN 3 Bandar dan mengetahui bagaimana respon peserta didik setelah diberi stimulus oleh guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Bandar Kabupaten Pacitan. Informan penelitian terdiri dari 2 guru IPS dan 15 orang peserta didik. Ada empat upaya yang dilakukan guru IPS guna meningkatkan partisipasi belajar peserta didik yaitu pertama, mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif guna meminimalisir rasa bosan dan jenuh peserta didik. Kedua, guru memberikan reinforcement berupa penguatan positif dan penguatan negatif. Ketiga, guru memberikan evaluasi pembelajaran kepada peserta didik,. Keempat, guru melakukan pendekatan dengan orang tua, yang mana guru menghubungi orang tua peserta didik yang tingkat partisipasi belajarnya menurun melalui whatsapp serta memanggil peserta didik dan orang tua untuk datang ke sekolah. Hal tersebut dilakukan oleh guru IPS dan pihak sekolah supaya peserta didik dapat merubah perilakunya. Kemudian untuk respon yang diberikan peserta didik setelah diberi stimulus yaitu pertama mereka mengatakan bahwa pembelajaran inovatif yang dirancang oleh guru IPS membuat mereka merasa nyaman dan senang. Kedua, mereka memberikan respon yang beragam, ada yang merespon dan juga ada yang merubah perilakunya serta ada yang tidak merubah perilakunya. Ketiga, peserta didik ada yang merasa puas dan tidak puas dengan evaluasi yang diberikan oleh guru. Keempat, peserta didik ada yang merasa takut akan dimarahi oleh orang tuanya dan ada juga peserta didik yang merespon dengan biasa saja. AbstractThe involvement of students in the social studies learning process is often fairly low. Thus, social studies teachers have a role to encourage students ' learning motivation, especially in the process of increasing learning participation. The low participation of social studies students in SMPN 3 Bandar caused by boredom and boredom when learning activities. Therefore, in this study aims to determine the efforts of teachers in increasing the participation of social studies students SMPN 3 Bandar and know how the response of students after being given a stimulus by the teacher. This research uses qualitative research with Case Study Method and the location of this research was conducted in SMPN 3 Bandar Pacitan Regency. Research informants consisted of 2 social studies teachers and 15 students. There are four efforts made by social studies teachers to improve student learning participation, namely first, designing fun and innovative learning to minimize boredom and saturation of students. Second, teachers provide reinforcement in the form of positive reinforcement and negative reinforcement. Third, teachers provide learning evaluation to learners,. Fourth, teachers approach parents, where teachers contact the parents of students whose learning participation rate decreases through whatsapp and call students and parents to come to school. This is done by social studies teachers and the school so that students can change their behavior. Then for the response given by students after being given a stimulus, they first said that innovative learning designed by social studies teachers made them feel comfortable and happy. Second, they give a variety of responses, some respond and also some change their behavior and some do not change their behavior. Third, there are students who are satisfied and dissatisfied with the evaluation given by the teacher. Fourth, there are students who feel afraid of being scolded by their parents and there are also students who respond normally.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gulawentah

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

gulawentah: Jurnal Studi Sosial with regitered number ISSN : 2528-6893 (print) , e-ISSN : 2528-6871 is scientific journals which publish articles from the fields social science and social science ...