SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2 (2023): July - December

Analisis Pengaruh Repurchase Intention Terhadap Minuman Boba King Di Kota Batam

Lily Purwianti (Universitas Internasional Batam)
Calvin Wijaya (Universitas Internasional Batam)
Dyfan Dyfan (Universitas Internasional Batam)
Metta Noviani (Universitas Internasional Batam)
Yendiarti Yendiarti (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
28 May 2023

Abstract

Milenial suka menyajikan minuman dengan rasa berbeda dan bahan serupa lainnya untuk membuatnya menyenangkan. Tidak bisa dipungkiri banyak sekali boba drinker di Batam yang hampir semuanya menyukai salah satu brand boba drink ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Repurchase Intention terhadap minuman Boba King di Kota Batam. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan menggunakan kuesioner terhadap sampel pelanggan Boba King yang telah mengunjungi outlet-outlet mereka di Kota Batam. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini disebut partial least squares (PLS) untuk mengevaluasi hubungan antara variabel Repurchase Intention dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti kualitas produk, seles promotion, dan brand image. Selain itu, analisis juga dilakukan untuk memahami peran Customer Satisfaction sebagai mediator antara Repurchase Intention dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales promotion, kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Sedangkan brand image memiliki pengaruh positif tidak significant terhadap repurchase intention melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi Repurchase Intention, seperti kualitas produk, brand image, dan sales promotion serta memastikan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi untuk mendorong kunjungan berulang ke outlet Boba King di Kota Batam. Studi lanjutan dapat dilakukan untuk menggali faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi Repurchase Intention dalam konteks minuman Boba King atau wilayah geografis lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...