JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Vol 9, No 2 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Strategi pembiayaan pendidikan pada perguruan tinggi keagamaan Katolik swasta untuk pemenuhan capaian kinerja

Hanim, Zaenab (Unknown)
Anggal, Nikolaus (Unknown)
Sanda, Yustinus (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Pembiayaan pendidikan perguruan tinggi swasta untuk pemenuhan capaian kinerja akan sulit dicapai apabila tidak didukung oleh biaya yang memadai. Pendanaan harus diupayakan perguruan tinggi dari berbagai sumber yang dapat mendukung pembiayaan penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengelolaan pembiayaan pendidikan untuk memperoleh sumber dana pendidikan dan capaian kinerja Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik Swasta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologi. Informan ditentukan dengan metode purposive sampling. Telaah dokumen adalah teknik pengumpulan data utama yang digunakan dan hasilnya di cross-check dengan wawancara dan observasi. Informasi yang terkumpul dianalisis dalam bentuk reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembiayaan pendidikan tinggi untuk memperoleh sumber dana dilakukan dengan mengumpulkan dana pendidikan yang diperoleh dari mahasiswa/masyarakat, Yayasan, Keuskupan Agung, Kementerian Agama Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi, produk Perguruan Tinggi, Vatikan Propaganda Fide, dan lembaga lain dalam bidang penelitian dan pengabdian. Capaian kinerja Perguruan Tinggi dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan dapat terlihat dari strategi yang dilakukan Perguruan Tinggi untuk mendapatkan berbagai sumber pembiayaan pendidikan. Strategi yang dilakukan perguruan tinggi dapat memenuhi capaian kinerja dan telah melampaui standar perolehan pembiayaan pendidikan yang ditentukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education

Description

JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) ISSN: 2502-8103 (for electronic version) 2477-8524 (for print version). JPPI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics ...