JEC (Jurnal Edukasi Cendekia)
Vol 7 No 1 (2023): Februari

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V-A MIN 2 BAUBAU

Safiuddin Safiuddin (Universitas Muhammadiyah Buton)
Lisna Lisna (Universitas Muhammadiyah Buton)
Suarti Suarti (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tema 8 jenis usaha masyarakat Indonesia melalui melalui model pembelajaran picture and picture siswa kelas Va MIN 2 Baubau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas Va MIN 2 Baubau pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8iswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, lembar tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh hasil ini untuk menujukkan terjadi peningkatan hasil belajar, yakni hasil tes siklus I ada 7 siswa yang tuntas (58%) dan tidak tuntas 5 siswa (42%). Hasil belajar siswa pada siklus II yang tuntas sebanyak 11 siswa (92%) dan tidak tuntas ada 1 siswa (8%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton tahun 2017. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian ...