Indonesian Journal of Community Services
Vol 5, No 1 (2023): May 2023

Pengembangan Metode Bercerita dalam Peningkatan Keterampilan Pedagogi Para Guru MI di Demak

Choiril Anwar (Universitas Islam Sultan Agung, Semarang)
Kurniawan Yudhi Nugroho (Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Kelompok Kegiatan Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Demak mengalami kesulitan dalam mengembangkan sebuah metode, teknik, dan strategi yang baik dan menyenangkan dalam pengajarannya terhadap anak didik mereka sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan pedagogis itu. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu metode alternatif yang menarik adalah metode bercerita. Metode bercerita dalam proses pengajaran di kelas dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas tidak hanya peserta didik tapi juga guru yang mengajar. Program Pengabdian Masyarakat Pengembangan Kewilayahan (PkM-PK) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para guru Kelompok Kegiatan Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah (MI) agar dapat mengembangkan keterampilan pedagogik mereka melalui metode bercerita sehingga pengajaran dan pembelajaran kepada siswa mereka dapat berjalan lebih inovatif dan imajinatif yang pada akhirnya mampu meningkatkan pemahaman siswa guna memenuhi tujuan pembelajaran. Program ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pendampingan klasikal secara intensif kepada para guru dengan memberikan contoh dan praktik sehingga materi tersebut dapat dipahami secara baik dan dapat dipraktikkan oleh peserta bagaimana menyampaikan cerita yang baik dan menyenangkan kepada para murid MI. The Teacher Activity Group (KKG) for Madrasah Ibtidaiyah (MI) in Demak Regency experienced difficulties in developing good and fun methods, techniques, and strategies in teaching their students as an effort to improve these pedagogical skills. Therefore, we need a method that can solve this problem. One interesting alternative method is the storytelling method. The storytelling method in the teaching process in the classroom can develop the imagination and creativity of not only students but also teachers who teach. The Regional Development Community Service Program (PkM-PK) aims to aid Madrasah Ibtidaiyah (MI) Teacher Activity Group (KKG) teachers to be able to develop their pedagogic skills through the storytelling method so that teaching and learning to their students can run more innovatively and imaginative which in the end is able to increase students' understanding in order to fulfill the learning objectives. This program is carried out using intensive classical mentoring methods for teachers by providing examples and practices so that the material can be understood well and can be practiced by participants on how to tell good and fun stories to MI students.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijocs

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Community Services (e-ISSN: 2684-8619) is a biannual scientific multidisciplinary journal published by UNISSULA Press, Department of Research and Community Services Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia. It is in the national level that covers a lot of common ...