Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 21 No 1 (2023): SULUH PENDIDIKAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

ANALISIS TES UAS KELAS VI SD BERDASARKAN PENDEKATAN ITEM RESPONSE THEORY

Ni Made Serma Wati (IKIP Saraswati)
Dewa Nyoman Oka (Unknown)
Ni Nyoman Serma Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian empirik dengan tujuan untuk mengetahui (1) karakteristik tes UAS kelas VI Sekolah Dasar yang dianalisis dengan pendekatan Item Response Theory (IRT), (2) perbandingan tingkat daya beda butir tes UAS kelas VI Sekolah Dasar yang dianalisis dengan pendekatan Item Response Theory (IRT) . Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 Megati yang berada di Kabupaten Tabanan dengan pengambilan data menggunakan teknik stratified random sampling. Karakteristik tes yang disusun dianalisis menggunakan software Winsteps. Hasil analisis dengan pendekatan IRT menunjukkan bahwa daya beda sebesar 2.24 atau 2.40 yang berarti bahwa tes yang disusun mampu mengelompokkan kemampuan siswa menjadi 2 atau 3 kelompok; (2) analisis tes dengan pendekatan IRT lebih teliti dalam menentukan perbedaan kemampuan siswa dalam pelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...