PjBL merupakan model pembelajaran yang bersifat kreatif, inovatif, dan konstekstual di mana memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk merancang dan membuat suatu proyek dari materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Dharma wanita Sungai liuk Kecamatan Pesisir bukit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini termasuk Pre-Eksperimental Design. Populasi penelitian ini berjumlah 16 orang anak, Sampel penelitian ini berjumlah 16 orang anak dari keseluruhan populasi yang dipilih menggunakan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh, nilai ttabel adalah 1,7531, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 8,91942 , maka t> t, hal ini berarti, terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berfikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Sungai Liuk Kecamatan Pesisir Bukit.
Copyrights © 2023