Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 6 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pengembangan Butir Soal Matematika Berdasarkan Standar Hots Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Dina Rodiah (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)
Supardi U. S (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Luragung dengan jumlah subjek sebanyak 34 siswa yang diambil dari kelas X IPA 2 bertujuan untuk mengembangkan butir soal matematika berdasarkan standar HOTS pada pokok bahasan SPLDV. Butir soal yang dikembangkan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Developmen (RnD) model ADDIE (Analysis, Design, Developmen, Implementasi and Evaluasi). Analisis yang digunakan yaitu analisis kinerja dan analisis kebutuhan. Instrumen yang diperlukan berupa kisi-kisi soal, kartu soal, lembar soal dan telaah soal. Validasi instrument menggunakan validasi ahli. Penelitian ini menghasilkan 5 butir soal uraian. Berdasarkan hasil yang di dapatkan, bahwa butir soal tanpa melakukan perbaikan berjumlah 4 soal yang telah valid 100% secara materi, kontruksi dan bahasa. Butir soal yang perlu perbaikan berjumlah 1 butir soal setelah tahap validasi ahli, karena pada soal tersebut belum ada stimulus (gambar, grafik, diagram dan lain-lain) yang akan membuat siswa berpikir kritis dan kreatif, sehingga peneliti melakukan perbaikan pada butir soal tersebut. Soal yang dibuat guru tidak membangun siswa memiliki keteramplan berpikir tingkat tinggi dan dilihat dari hasil evaluasi belajar, siswa memiliki nilai rata-rata cukup baik, sedangkan pada penerapan hasil pengembangan butir soal yang dilakukan oleh peneliti ternyata siswa memiliki nilai rata-rata kurang baik. Dengan demikian pengembangan butir soal yang dilakukan pada penelitian ini memiliki hasil yang akurat dengan diterapkannya di sekolah tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...