Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam penyelesai permasalahan soal cerita matematika di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggabungkan data informasi yang didapatkan dari artikel-artikel yang sudah dikaji. Dari hasil pengumpulan data terdapat beberapa hal yang menjadi kendala terhadap kesulitan belajar anak dalam matematika yaitu kesulitan memahami konsep, keterampilan berhitung, dan memecah-kan masalah. Faktor penyebab kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini merupakan faktor yang berasal dari anak itu sendiri meliputi kesehatan tubuh, kecerdasan atau intelegnesi, pengalaman, motivasi, minat, kemampuan memahami masalah dan keterampilan. Sedangkan faktor eksternal, faktor yang berasal dari luar diri siswa meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat serta lingkungan.Dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam penyelesaian soal cerita matematika yaitu dengan cara menggunakan media pelajaran yang konkret, memperbanyak latihan soal dan menjalin kerja sama dengan orang tua.
Copyrights © 2023