JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Vol 21, No 2 (2014): Juni 2014 - JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN STRATEGI MODELING PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV B SDN 4 ALAS SUMBAWA

Kariadi, Muhammad (Unknown)
Sujana, Made ( Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan strategi modeling pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV b SDN 4 Alas dalam berbalas pantun. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tahapan-tahapan yang dilaksanakan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, tes kemampuan berbicara melalui praktik berbalas pantun dan tes kemampuan siswa dalam menjawab soal uraian pada akhir KBM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan klasikal dalam praktik berbalas pantun adalah 69,75%, sementara hasil ulangan siswa secara klasikal mencapai ketuntasan 80%. Pada siklus II dalam praktik berbalas pantun ketuntasan secara klasikal mencapai 75%, sementara hasil ulangan siswa secara klasikan mencapai ketuntasan 100%. Kata kunci : Strategi Modeling, kemampuan berbicara, berbalas pantun. Abstract. The objective of the research is to increase the ability to speak using Bahasa Indonesia learning modeling strategy at 4th Class students of SDN No 4 Alas in berbalas pantun activity. The research was an action research which was done using two circles with four stages: plan, action, observation, and reflection. The data were collected using observation lists for teacher and student, test on the speaking ability through berbalas pantun activity, and the test on the students’ ability to answer essay questions at the end of teaching learning process. The result of the research shows that on the 1st Cicle, classical achievement on berbalas pantun practice was 69.75%, the achievement on answering essay question was 80%. On the 2nd Circle, classical achiement on berbalas pantun was 75%, and classical students’ achievement on answering the essay questions was 100%. Key words: modeling strategy, speaking ability, berbalas pantun.

Copyrights © 2014