Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2015): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 6 2015

KAJIAN PUSTAKA METODE SEGMENTASI CITRA PADA MRI TUMOR OTAK

Diah Priyawati (Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Jl. Grafika No.2 Yogyakarta - 55284.)
Indah Soesanti (Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Jl. Grafika No.2 Yogyakarta - 55284.)
Indriana Hidayah (Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Jl. Grafika No.2 Yogyakarta - 55284.)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2015

Abstract

Magnetic Resonance Images (MRI) marupakan mesin terbaik dalam mendiagnosa tumor otak. Namun Interpretasi MRI membutuhkan waktu lama, dan sulitnya mendeteksi adanya edema. Edema adalah jaringan yang berada di dekat sel tumor aktif dan tumpang tindih dengan jaringan normal. Saat ini proses diagnosa citra MRI masih mengandalkan kemampuan pakar radiologi secara manual. Hal ini membutuhkan waktu lama, dan keputusan yang diambil dapat bersifat subjektif.  Sehingga dibutuhkan sistem yang mampu melakukan segmentasi citra MRI untuk membagi daerah-daerah citra menjadi beberapa bagian yang homogen. Pada makalah ini akan dijelaskan metode-metode segmentasi citra pada MRI tumor otak. Penjelasan akan dimulai dari pemahaman tumor otak, peralatan penghasil citra otak seperti MRI, dan metode-metode segmentasi yang pernah dilakukan peneliti sebelumnya. Metode pengklasteran dapat menjadi salah satu pendekatannya. Dan pengklasteran fuzzy merupakan metode yang unggul untuk segmentasi citra tumor otak. Kata kunci: MRI, segmentasi, tumor otak

Copyrights © 2015