Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan modul pembelajaran biologi cacing nyale dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Analisis data dilakukan dengan uji normalized gain dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. yaitu pada kelas X IPA 5 memiliki skor normalized gain sebesar 61% yang termasuk dalam kategori cukup efektif sedangkan kelas X IPA 4 memiliki skor normalized gain sebesar 40% yang termasuk dalam kategori kurang efektif. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test menyatakan bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 yang berarti ada perbedaan efektifitas yang signifikan dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran biologi cacing nyale efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Mataram.
Copyrights © 2023