Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 13 No 5 (2023): May: Education Science

Model Pendidikan Madrasah Diniyah Meunara Baro Aceh Besar

Saiful Saiful (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Implementasi pendidikan Madrasah Diniyah sangat urgen bagi pengembangan ilmu agama Islam bagi peserta didik, sehingga mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode library reserch dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Model Pendidikan Madrasah Diniyah Meunara Baro Aceh Besar: (1) Kurikulum pendidikan Madrasah Diniyah Meunara Baro Aceh Besar terdiri dari Al-Qur’an, praktik ibadah, do’a shalat, do’a sehari-hari, ilmu tauhid, ilmu fiqh, ilmu akhlak/tasawuf, dan sejarah kehidupan Rasulullah; (2) Tahapan pendidikan Madrasah Diniyah Meunara baro yaitu; tahapan awal meliputi persiapan pembelajaran (perangkat pembelajaran); tahapan pelaksanaan meliputi proses pembelajaran, dan tahapan penutup meliputi memberikan rangkuman dari proses pembelajaran; (3) Metode pendidikan Madrasah Diniyah Meunara Baro, meliputi: Metode ceramah, tanya jawab, hafalan, dan metode latihan membaca kitab Jawi. Tujuan Pendidikan Madrasah Diniyah Meunara Baro Aceh Besar yaitu: (a) Pengembangan kognitif santri; (b) Pengembangan afektif santri; (c) Pengembangan psikomotorik santri yaitu santri mampu membaca al-Qur’an, mampu mempraktikkan ibadah, menguasai bacaan do’a shalat, do’a sehari-hari dan membaca kitab Jawi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Cendikia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Institute of Computer Science. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research ...