Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 2 (2023): April-June

Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Siswa Sekolah Dasar

Kharisma Anindya (Universitas PGRI Madiun)
Ibadullah Malawi (Universitas PGRI Madiun)
Melina Jatmikawati (SDN 1 Taman, Madiun)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Kemampuan menulis perlu dikuasai sejak usia sekolah dasar. Keterlambatan menguasai keterampilan menulis akan menghambat proses belajar anak dan mengakibatkan literasi anak menjadi rendah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan (pra-tindakan) melalui nilai hasil karya siswa diperoleh data bahwa siswa kelas 3 SDN 1 Taman masih mengalami kesulitan dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan  keterampilan menulis teks deskriptif melalui penggunaan media poster pada siswa kelas III SD Negeri 01 Taman, Kecamatan Taman. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 20 siswa. Data dikumpukan menggunakan teknik tes dan observasi. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penyajian data serta dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan kemampuan menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil pemberian tindakan sebanyak 2 siklus diperloeh peningkatan yang signifikan ketuntasan kemampuan menulis siswa yaitu pada siklus I presentase 75% yang belum tuntas, pada siklus II semua siswa atau presentase 100% sudah mencapai ketuntasan dalam menguasai kemampuan menulis teks deskritif. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan penggunaan poster dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas III di SDN 1 Taman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...