Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 1, No 5 (2023): Juni

Implementasi Kebijakan Parkir Park And Ride Terminal Intermoda Joyoboyo Untuk Meningkatkan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas oleh Dishub Kota Surabaya

Niko Kalvin Bahresi (Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Indah Murti (Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Dida Rahmadanik (Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Park and Ride sendiri merupakan kegiatan parkir dalam kendaraan pribadi dan kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum massal. Selain pengalihan park and ride menjadi pengalihan moda transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum, penerapan park and ride bertujuan untuk menciptakan ruang parkir yang dapat menjawab berbagai permasalahan lalu lintas di Kota Surabaya khususnya pada terminal Intermoda Joyoboyo seperti halnya parkir sembarangan, kemacetan, hingga pengadaan parkir illegal. Layanan Park and Ride yang ditawarkan oleh Pemerintah Kota Surabaya merupakan cara untuk mengubah parkir kendaraan dari on street parking menjadi off street parking. Kehadirannya diharapkan dapat mengurangi jumlah pengendara yang memarkir kendaraannya di trotoar.  Namun penyelenggaraan perencanaan tersebut dianggap belum maksimal karena kurangnya kesadaran masyarakat dan kurangnya komunikasi serta informasi antara pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perhubungan Kota Surabaya dengan masyarakat untuk mensukseskan parkir Park and Ride tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan penyelenggaraan perparkiran park and ride pada Terminal Intermoda Joyoboyo sudah cukup baik. Meskipun belum maksimal karena masih terdapat kendala yaitu masih kurangnya sosialisasi mengenai adanya parkir pada Park and Ride Terminal Intermoda joyoboyo agar bisa dinikmati oleh masyarakat sehingga dapat mengurangi parkir liar serta memberikan ketertiban dan kelancaran lalu lintas pada kota Surabaya. 

Copyrights © 2023