JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 6 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Eknomi di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo

Desya Daud (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Ardiansyah Ardiansyah (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Rosman Ilato (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Usman Moonti (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Abdulrahim Maruwae (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Jumlah penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 35 responden. Teknik analisis data menggunakan  regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaan berbasis youtube terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaan di SMA Negeri 1 Paguyaman. Besaran pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar siswa 24% sedangkan sisanya sebesar 76% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...