Jurnal Abdimas Indonesia : Jurnal Abdimas Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2023): Terbitan Kesepuluh - Tahun 2023

PENGENALAN SELF-AWARENESS DENGAN MEDIA HAND PUPPET UNTUK MENCEGAH TINDAK PENCULIKAN ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL AL-FATHANAH MAKASSAR

Muhrajan Piara (Fakultas Psikologi, Jurusan Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia)
Irdianti Irdianti (Fakultas Psikologi, Jurusan Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia)
Muhammad Reza Firmansyah (Fakultas Psikologi, Universitas Atma Jaya Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia)
Muflih Wahud Hamid (Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia)
Novi Yanti Pratiwi (Fakultas Psikologi, Jurusan Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Kejahatan pencurian anak makin marak terjadi, tidak hanya dalam skala nasional tetapi juga dalam skala lokal dengan berbagai motif, dimulai dari motif human trafficking atau perdagangan manusia, hingga untuk tujuan penjualan organ dalam. Fenomena terkini penculikan anak terjadi di Makassar dimana korban yang menjadi korban penculikan dibunuh dengan tujuan penjualan organ dalam. Disisi lain, orangtua dan guru memiliki keterbatasan dalam melakukan pengawasan baik ketika anak berada dalam lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah, sehingga pengabdian ini bertujuan untuk membantu anak untuk menanamkan rasa mawas diri atau self-awareness sejak dini kepada anak dengan metode bercerita menggunakan media hand puppet. Metode ini dipilih dikarenakan karakteristik anak TK yang masih tergolong dalam anak usia dini maka diperlukan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian dan fokus anak serta media ini mampu menyederhanakan pesan-pesan pembelajaran dengan cara yang mudah dimengerti dan tidak membosankan. Dari 27 partisipan di Raudhatul Athfal Al-Fathanah Makassar diperoleh hasil evalusi dengan teknik observasi memperlihatkan setiap anak-anak di Raudhatul Athfal Al-Fathanah Makassar berpartisipasi aktif ketika memberikan feedback terkait peran tokoh, nilai dan moral di dalam cerita, serta kepekaannya terhadap orang yang tidak dikenal di lingkungan rumah dan sekolah di dalam alur cerita puppet show yang diberikan. Berdasarkan hal tersebut sehingga pengenalan self-awareness melalui puppet show untuk mengenalkan anak mengenai pentingnya keamaan diri terkait segala kemungkinan situasi yang tidak kondusif di lingkungan sekolah seperti tindakan penculikan anak menunjukkan hasil yang signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jai

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

JAI: Jurnal Abdimas Indonesia (ISSN 2797-2887) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia. Jurnal Abdimas Indonesia adalah jurnal yang bertaraf Nasional yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini ...