Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 1 (2023): Mei 2023

Pembelajaran Matematika Menyenangkan di SD Melalui Permainan

Arlen Wijayanti (Universitas Majalengka)
Ari Yanto (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit oleh anak sekolah. Banyak siswa yang masih menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang susah, membosankan, banyak rumus dan kurang penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Padahal matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting yang terus berkembang di era 4.0 seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode permainan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Reveiew (SLR) dengan mencari dan mengkaji beberapa artikel kemudian menarik kesimpulan. Pencarian literatur dari 10 artikel yang di ikutsertakan tahap analisis pada terbitan 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang menyenangkan dengan pendekatan permainan memberikan kontribusi positif terhadap prestasi matematika siswa di SD. Permainan tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran ini. Selain itu, pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, dan meningkatkan interaksi sosial antara siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN : 2830-0378) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda). This aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education, specifically focuses ...