cover
Contact Name
Sudianto
Contact Email
info.sudianto@gmail.com
Phone
+6285317777552
Journal Mail Official
polinomial.papanda@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.papanda.org/index.php/jp/editorial-team
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Papanda Publisher
ISSN : -     EISSN : 28300378     DOI : https://doi.org/10.56916/jp.v1i1
Core Subject : Education,
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN : 2830-0378) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda). This aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education, specifically focuses on Method / Model / Strategy / Media and Multimedia for Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation, Development of Mathematics Teacher Professionals, Ethnomatematics, and ICT in learning mathematics. Jurnal Polinomial is an open-access journal published twice a year (May and November). We accept articles of the author can be derived various countries, with the scientific field of Mathematics Education.
Articles 16 Documents
Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga Aisah Nurfadilah; Arif Rahman Hakim; Reza Nurropidah
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.85 KB) | DOI: 10.56916/jp.v1i1.33

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting dalam berbagai jenjang pendidikan, karena merupakan induk dari segala ilmu. Bangun datar merupakan salah satu materi dari matematika yang memiliki banyak macamnya, salah satunya segitiga. Segitiga merupakan sebuah bangun datar yang dibatasi oleh tiga buah sisi, tiga buah titik sudut dan memiliki alas. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat memahami proses kegiatan belajar mengajar pada materi luas dan keliling segitiga, karena ini merupakan salah satu materi yang ada dan harus dipelajari pada pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 31 artikel jurnal yang diperoleh dari google schoolar dalam kurun waktu 2017-2021. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan bahwa dalam proses pembelajaran untuk materi matematika pada segitiga, pendidik harus dapat menentukan model, metode, strategi, media, dan teknik pembelajaran yang tepat untuk mencapai keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan adanya pengembangan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebagai hasil untuk meningkatkan kualitas siswanya dalam pembelajaran.
Penggunaan Alat Peraga Papan Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Nur Hanipah; Raisya Farahita; Rizki Fadhillah
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.737 KB) | DOI: 10.56916/jp.v1i1.40

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan alat peraga matematika Papan Transformasi Geometri untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Papan Geometri Transformasi adalah alat peraga yang digunakan untuk mempermudah belajar siswa dan mengatasi kesulitan dalam konsep pembelajaran geometri transformasi. Alat peraga ini dibuat dengan diagram cartesius yang mencakup 4 materi yaitu translasi, rotasi, refleksi, dan dilatasi. Alat peraga ini dapat memberikan pemahaman yang kongkrit kepada siswa mengenai konsep geometri transformasi dan mempermudah guru dalam menjelaskan secara konkrit mengenai konsep geometri transformasi
Pemanfaatan Alat Peraga Jam Sudut sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika Andre Herdiana; Rida Julia
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.885 KB) | DOI: 10.56916/jp.v1i1.41

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan alat peraga matematika Jam Sudut dalam pembelajaran matematika. Jam sudut merupakan media pembelajaran yang menyediakan berbagai macam sudut yang dihasilkan dari jarum jam. Penggunaan alat peraga ini bertujuan agar siswa dapat menemukan besar sudut dari berbagai sudut yang dibentuk oleh jam. Secara psikologis permainan dengan menggunakan alat peraga ini dapat menumbuhkan motivasi dan minat siswa belajar matematika. Selain itu manfaat media jam sudut ini adalah memudahkan guru dalam menjelaskan macam- macam sudut, besarnya sudut dan cara melukis sudut.
Penggunaan Alat Peraga “Talog Math” dalam Pembelajaran Matematika Silpi Syamrotul Yaqin; Farhan Taufik Arya Maulana
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.124 KB) | DOI: 10.56916/jp.v1i1.42

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan alat peraga matematika “Talog Math” (Tangga Logaritma Matematika) dalam pembelajaran matematika. Tangga Logaritma Matematika adalah alat peraga yang digunakan untuk mempermudah belajar siswa dalam mempelajari materi tentang logaritma. Alat peraga ini dibuat dengan tingkatan tangga yang akan mempermudah dalam metode perpangkatan. Tujuan tangga logaritma matematika adalah untuk memberikan pemahaaman siswa dalam mencari nilai logaritma yang biasa terlihat sulit dan untuk mempermudah guru dalam menjelaskan secara konkrit tentang materi logaritma. Adapun manfaat tangga logaritma matematika adalah untuk mempermudah siswa dalam konsep logaritma dan tidak kesulitan dalam perpangkatan yang terdapat dalam materi logaritma.
Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Satuan Kecepatan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi Delfina Sri Dewanti; Nita Kartika; Emira Amadia Reisyanda
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2022): May 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.964 KB) | DOI: 10.56916/jp.v1i1.43

Abstract

Satuan kecepatan merupakan salah satu materi matematika yang diajarkan pada siswa SD di kelas V. Namun, beberapa hasil studi menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi kecepatan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terhadap pembelajaran satuan kecepatan di sekolah dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan meriview semua artikel terkait dengan pembelajaran satuan kecepatan dalam kurun waktu 2017-2021. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa semua model pembelajaran dapat diterapkan untuk mencapai hasil belajar siswa dengan baik dan media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran video pembelajaran. Dengan mempelajari materi kecepatan dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar dengan lebih optimal.
Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V Rizki Ailulia; Putri Novi Saidah; Wulan Sutriani
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.56 KB)

Abstract

Ilmu pendidikan saat ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi, untuk itu penggunaan media pembelajaran dikembangkan dengan teknologi moderen salah satunya adalah media video pembelajarah. Media video merupakan media yang dapat menunjukan materi secara nyata dan lebih efektif dari pada media teks. Proses merancang dan membuat media video dibutuhkan aplikasi yang tepat, salah satunya adalah aplikasi Plotagon Story,. Aplikasi ini dapat memberikan sebuah animasi, musik serta dapat disisipi rekaman suara. Maka dari itu sudah jelas bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting karena peserta didik tersebut telah mampu menjelaskan konsep dengan kata-kata sendiri. Jadi tujuan pada penelitian ini adalah mengembangkan media video pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi plotagon guna untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan Studi Literatur yang mengkaji dari beberapa hasil peneitian terdahulu. Hasil telaah semuah jurnal yang dijadikan rujukan menunjuka penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa karena peserta didik dapat melihat materi secara nyata dan membuat mereka tidak merasa bosan, sehingga materi dengan cepat dipahami oleh peserta didik. Kata Kunci: Media Video; Plotagon; Pemahaman Konsep.
Keefektifan Pembelajaran Matematika SMP Transformasi Geometri dengan Alat Peraga KOLESI Pinka; Siska Susilawati
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.286 KB)

Abstract

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keefektifan pembelajaran matematika SMP pada materi transformasi geometri dengan menggunakan alat peraga KOLESI. Kotak refleksi dan rotasi (KOLESI) merupakan alat peraga yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi geometri transformasi. Alat peraga KOLESI ini berupa 2 kotak yang berbentuk koordinat kartesius, dengan satu kotak untuk refleksi dan kotak lainnya untuk rotasi. Tujuan pembuatan alat peraga ini yaitu untuk memberikan pemahaman konsep pada siswa SMP mengenai refleksi dan rotasi dan dapat memudahkan guru dalam menjelaskan konsep dasar dari transformasi geometri.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Statistika Kelas VIII Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya Fita Khoirunnisa; Rora Artanti; Septi Nur Hayati
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.846 KB)

Abstract

This study aims to describe the types of errors, percentages, and factors causing errors made by class VIII students of SMP Negeri 4 Pekalongan in solving statistical problems based on Polya's completion steps. Solving story problems based on Polya's completion steps consists of four stages, namely understanding the problem, making plans, implementing plans, and re-examining the solutions obtained. This research is a type of descriptive research with a qualitative approach. The method used is the test method. The subjects of this study were students of class VIII SMP Negeri 4 Pekalongan, totaling 26 students. The results of the research conducted showed that the most frequent mistakes made by class VIII students of SMP Negeri 4 Pekalongan were errors in completing plans with a percentage of 34.62%, then errors in planning plans by 29.92%, errors in re-checking the completion. obtained by 19.23%. , and the fewest errors made by students were errors in understanding the questions with a percentage of 7.69%.
Dampak Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantuan Geogebra Tifany Anggraeni Putri Solihat; Lessa Roesdiana; Haerudin Haerudin
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.387 KB)

Abstract

This study aims to determine the impact of the Realistic Mathematics Education (RME) learning model on students' mathematical problem solving abilities on the material of straight line equations assisted by GeoGebra. Two classes have been determined to apply the RME (Realistic Mathematics Education) learning model with the help of GeoGebra and the conventional learning model without using GeoGebra. Furthermore, the sampling used purposive sampling method and two classes were selected in one of the junior high schools in Karawang Regency in class VIII F and VIII I. The results showed that the mathematical problem solving ability of students who were treated with the GeoGebra-assisted RME learning model was better than students who applied conventional learning models without the help of GeoGebra.
Kemampuan Pemecahan Masalah dan Gaya Kognitif Siswa pada Model Pembelajaran Project Based Learning Vici Suciawati; Sudianto Sudianto; Moh Gilar Jatisunda; Titi Rohaeti
Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.574 KB)

Abstract

This study aims to determine differences in problem-solving abilities and cognitive styles of students in the project based learning model with conventional learning. This research is a quantitative research with an experimental approach. The population in this study is class XI of State Vocational High School 1 Majalengka 2021/2022. The sampling technique was carried out randomly, namely class XI-1 as the experimental class and class XI-2 as the control class with a total of 33 people and 36 people in each class. The instruments used in this study were questionnaires and tests. The results showed that there were differences in problem-solving abilities and students' cognitive styles between the experimental class using the project based learning model and the control class using conventional learning. Classes that get a project based learning model are better than conventional learning. This is because in the project based learning model students are given the freedom to plan learning activities, carry out projects collaboratively, and ultimately produce work products that can be presented to others.

Page 1 of 2 | Total Record : 16