JURNAL ILMU MANAJEMEN SABURAI (JIMS)
Vol 9, No 1 (2023): JURNAL ILMU MANAJEMEN SABURAI

PENGAPLIKASIAN ALAT PEMASARAN DIGITAL TERHADAP UMKM NURUTO

Antony Sentoso (Universitas Internasional Batam)
Lady Lady (Unknown)
Julia Christini (Unknown)
Novi Sandra (Unknown)
Felicia Clarissa (Unknown)
Tina Tina (Unknown)
Weni Vivianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Pemasaran digital telah mengubah cara bisnis beroperasi dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin menuju ranah digital. Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memiliki keterbatasan sumber daya, pemasaran digital menjadi kunci untuk memperluas jangkauan pasar. Di Indonesia, UMKM merupakan mayoritas bisnis, berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. UMKM juga berperan dalam mengurangi disparitas sosial dan ekonomi dengan memberikan peluang bagi individu yang kurang beruntung. Namun, UMKM menghadapi tantangan berupa sumber daya terbatas, anggaran pemasaran yang terbatas, akses pasar yang terbatas, persaingan dengan perusahaan besar, dan pemahaman yang tepat tentang target audiens. Dalam menghadapi tantangan tersebut, strategi inovatif dan pemasaran digital menjadi solusi efektif untuk mencapai kesuksesan. Dengan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat meningkatkan visibilitas, menjangkau lebih banyak konsumen, dan memperkuat kehadiran mereka di pasar yang semakin digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The publication of the Saburai Management Science Journal (JIMS) is aimed at - Encouraging the development - ...