Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Vol. 6 No. 1 (2023): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal

The Iconicity of the Hijab: as an Islamic Identity (Phenomenaology of Commands and Impacts of Wearing the Hijab): Ikonisitas Jilbab, Jilbab sebagai Identitas Keislaman, Perintah Berjilbab, Dampak Berjilbab

Maysa Latifa (Unknown)
Wedra Aprison (UIN Sjech M. Djamil Djambek Kubang Putiah Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Saat ini banyak sekali fenomena mengenai jilbab, khususnya di kalangan pelajar. Ada banyak isu tentang penting atau tidaknya jilbab bagi perempuan. Saat ini jilbab tidak hanya dikenakan pada saat menghadiri acara keagamaan namun sudah merambah ke berbagai aktivitas kehidupan masyarakat. Hijab sudah menjadi pemandangan umum di ruang publik. Padahal penggunaan jilbab merupakan salah satu syari'at dalam Islam, namun penggunaan jilbab sebagai icon Islami oleh santriwati tidak selalu sesuai dengan kaidah penggunaan jilbab yang benar sesuai dengan ajaran syari'at Islam. 'pada. Banyak ditemukan siswa yang memakai jilbab yang tidak sesuai dengan syariat agama islam seperti jilbab yang hanya dipakai pada saat pulang sekolah mereka tidak memakai jilbab lagi, jilbab yang digunakan terlihat tipis atau tembus pandang dan menggunakan jilbab yang tidak menutupi bagian dada. Padahal ajaran Islam memerintahkan untuk menutupi tubuh dengan memakai jilbab. Artikel ini berangkat dari fenomena seorang guru memberikan teguran kepada siswa yang tidak berjilbab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu pendekatan yang melihat fenomena yang terjadi dalam kehidupan dan permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat berdasarkan media. Metode ini memusatkan perhatian pada aktor yang ditampilkan dalam liputan berita di media seperti Facebook, web dan Instagram dan sebagainya. Hijab merupakan identitas sebagai wanita muslimah yang menunjukkan simbol agama dalam bentuk amalannya. Akan tetapi, jika seorang wanita beragama Islam tetapi tidak berjilbab, maka orang lain tidak akan mengetahui apakah wanita tersebut beragama Islam atau tidak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Islamic Education Studies (IES) adalah jurnal pendidikan agama Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. IES mempublikasikan artikel hasil penelitian dan kajian pendidikan agama Islam yang ditulis oleh ahli dari berbagai negara. IES fokus pada ...