cover
Contact Name
Yulia Oktarina
Contact Email
yuliaoktarina@uinjambi.ac.id
Phone
+6285273034140
Journal Mail Official
yuliaoktarina@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi-Muara Bulian KM.16 Simpang Sungai Duren, Muaro Jambi, Jambi 36363
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
ISSN : 25983997     EISSN : 25983997     DOI : https://doi.org/10.30631/ies
Islamic Education Studies (IES) adalah jurnal pendidikan agama Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. IES mempublikasikan artikel hasil penelitian dan kajian pendidikan agama Islam yang ditulis oleh ahli dari berbagai negara. IES fokus pada kajian metode, strategi, media, materi, dan evaluasi pembelajaran, khususnya pada materi akhlak akhlak, fiqh, Al Quran & hadits, dan sejarah kebudayaan Islam pada level pendidikan dasar dan menengah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 55 Documents
Al-Mu'jizat bi al-Shirfah Marzuki Arsyad Ash
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 1 No. 1 (2018): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v1i1.10

Abstract

Al-Qur’an merupakan mu’jizat untuk Muhammad s.a.w. dalam argumentasi kerasulannya, sekaligus sebagai Kitab Suci yang terbaik dalam ajaran, hujjah, dan berbagai segi yang dimilikinya. Al-Qur’an mengatasi seluruh wahyu yang diturunkan pada para Nabi dan Rasul lainnya, baik mengenai petunjuk, islah, pendidikan, pengajaran, dan etika; maupun undang-undang. Karena itu pulalah, al-Qur’an secara eksistensial membawa petunjuk (هدى) bagi manusia, dan mendatangkan kesejahteraan bagi semesta alam (رحمة للعالمين). Al-Qur’an yang mayoritas ayatnya memerlukan kajian nalar, merupakan mu’jizat ruhiyah (معجزة الروحية) yang universal. Perhatian utama tulisan ini diarahkan pada pengenalan makna mu’jizat, pandangan golongan Sharfah (أهل الصرفة), dan berbagai komentar mengenai mu’jizat bi al-shirfah (معجزة بالصرفة) itu, baik dari kalangan pendukung maupun penentangnya.
Ghibah Melalui Media Sosial dalam Identifikasi Proses Komunikasi Eka M Taufani; Hasnidar Karim
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 1 No. 1 (2018): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan konsep ghibah melalui media social dalam identifikasi proses komunikasi.. sebagaimana dinyatakan oleh MUI dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial, dan Firman Allah SWT tentang larangan ghibah sebagaimana termaktub dalam Al Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat ke-12. Diharapkan hal itu menunjukkan bahwa kontribusi media sosial dalam mengidentifikasi proses komunikasi yang terpotong – potong seperti ghibah.. Fenomena interkoneksi dan interdependensi melalui teknologi informasi ditengah masyarakat saat ini, memberi peluang lebih besar kepada para masyarakat dalam penyebaran informasi secara langsung dengan mengupload berita secara cepat tanpa memfilter terlebih dahulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengambilan data secara studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 kriteria ghibah melalui media sosial yaitu : 1)Who/siapa?, 2)What/apa?, 3)How/bagaimana dan 4) To Whom/kepada siapa? yang merupakan faktor utama dalam identifikasi ghibah melalui proses komunikasi.. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa ghibah sangat melekat dalam kehidupan sehari – hari dan masyarakat harus mampu untuk berhati – hati dan mengendalikan diri dalam berkomunikasi terutama melalui media sosial. Luaran yang dihasilkan dari konten ghibah ini bisa memecah belah ukhuwah islamiyah. Sehingga setiap informasi yang ingin disampaikan harus diseleksi terlebih dahulu agar tidak menimbulkan perpecahan.
Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Tradisi Nuak di Masyarakat Asli Muaro Jambi Nispi Syahbani
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 1 No. 1 (2018): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui prosesi tradisi Nuak pada masyarakat Asli Muaro Jambi dan memahami nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi Nuak pada masyarakat Asli Muaro Jambi. Tradisi Nuak merupakan tradisi memberi tanda kepada dukun yang akan membantu proses persalinan sekaligus memanjatkan do’a keselamatan pada bulan ketujuh usia kehamilan pertama seorang wanita, dan bentuk pemberitahuan kepada kerabat dan masyarakat, bahwa seorang wanita sudah hamil bulan ketujuh dan akan melahirkan keturunan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan wawacara dan observasi sebagai alat pengumpul data. Adapun Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif sintesis.. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tradisi Nuak yang dilaksanakan oleh masyarakat asli Muaro Jambi telah mengalami akulturasi dengan ajaran Islam, dimana prosesinya sudah banyak yang diubahsuaikan dengan ajaran Islam. Begitu juga dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Nuak sarat dengan nilai-nilai pendidikan Islam, seperti nilai-nilai pendidikan akidah, ibadah, dan akhlak.
Studi Korelasional Prestasi Belajar Metodologi Penelitian dan Sikap dalam Belajar Metodologi Penelitian dengan Kualitas Instrumen Penelitian Buatan Mahasiswa Rizalman Rizalman
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 1 No. 1 (2018): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antar prestasi belajar dan sikap belajar mahasiswa dengan kualitas instrumen buatan mahasiswa dalam perkuliahan metode penelitian. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 46 responden, menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, dan documenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kualitas instrumen penelitian buatan mahasiswa dalam karya skripsi Fakultas Tarbiyah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi termasuk kategori kurang. (2) prestasi belajar Metodologi Penelitian termasuk kategori balk. (3) sikap mahasiswa terhadap penelitian termasuk kategori positif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan positif antara prestasi belajar Metodologi Penelitian dengan kualitas instrumen penelitian buatan mahasiswa, (2) terdapat hubungan positif antara sikap mahasiswa terhadap penelitian dengan kualitas instrument penelitian buatan mahasiswa. (3) terdapat hubungan positif antara prestasi belajar Metodologi Penelitian dan sikap mahasiswa terhadap penelitian secara bersama-sama dengan kualitas instrumen penelitian buatan mahasiswa.
Demokrasi dalam Perspektif Islam (Melacak Konsep Demokrasi Melalui Al-Quran) Hayatul Islami
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 1 No. 1 (2018): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v1i1.17

Abstract

Al-Qur’an merupakan way of life dan petunjuk bagi umat manusia, yang tidak diragukan lagi akan kebenaran kandungannya. Salah satu tujuan al-Qur’an bagi manusia dalam konteks kehidupan bermasyarakat adalah untuk menegakkan sebuah tatanan masyarakat yang adil dan sejahtera berdasarkan norma-norma yang tumbuh dalam masyarakat. Untuk tujuan itu, maka manusia berkewajiban membuat sistem yang mampu mengakomodir hak dan kewajiban manusia agar tidak terjadi ketimpangan. Salah satu sistem itu adalah demokrasi. Demokrasi dipahami sebagai sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Islam tentang demokrasi. Penelitian dilakukaan secara kualitatif dengan metode studi perpustakaan. Data dianalisis secara deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam al-Qur’an sendiri tidak disebutkan tentang demokrasi, namun al-Qur’an menyebutkan prinsip-prinsip demokrasi yang meliputi beberapa hal yakni: saling mengenal (ta’aruf), musyawarah (syura), kerja sama (taawun), menguntungkan bagi masyarakat (maslahah) dan keadilan (adl). Oleh sebab itu maka Islam sendiri pada dasarnya adalah demokrasi, hal ini paling tidak dapat di lihat dari dua hal Pertama, Islam adalah agama hukum yang berlaku untuk semua orang. Kedua, Islam memiliki asas permusyawaratan (syura), artinya seluruh perkara-perkara yang dihadapi dibicarakan bersama diantara mereka.
PEMANFAATAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI SMPTRI SUKSES KOTA JAMBI Ria Dian Pertiwi; Dewi Hasanah; Eliza Trimadona; Yulia Oktarina
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.23

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan grup WhatsApp sebagai media pembelajaran online Di Sekolah Menengah Pertama Tri Sukses Boarding School Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Aspek-aspek yang ada dalam pemanfaatan grup WhatsApp Sebagai media pembelajaran online, (2) Hambatan dalam pemanfaatan grup WhatsApp sebagai media pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data reduction, data display dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah memanfaatkan grup WhatsApp. Aspek-aspek yang ada dalam pemanfaatan grup whatsapp sebagai media pembelajaran online aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam bentuk penugasan dan menyesuaikan dengan fitur yang ada dalam aplikasi WhatsApp fitur chat (pesan teks), panggilan suara, dokumen, foto, video, voice note. Adapun kendala dalam penerapan pemanfaatan grupWhatsApp seperti terkendalanya sinyal, terbatasnya kuota, tugas yang menumpuk, Tidak memiliki handphone, dan kesulitan dalam memahami materi yang diberikan.
PROBLEMATIKA ORANG TUA DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI M. Hadi Saputra; H. Constantin; Rapiko Rapiko
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.24

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Problematika Orang Tua dalam Melanjutkan Pendidikan Anak Ke Perguruan Tinggi di Desa Betung Bedarah Timur Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk memberi sumbangan pemikiran terhadap Orang Tua dalam mengatasi Problem Melanjutkan Pendidikan Anak Ke Perguruan Tinggi. Subjek penelitian ini adalah Orang Tua yang tidak melanjutkan Pendidikan Anak , Anak yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Kades dan Staf, Guru dan Imam di Betung Bedarah Timur. Skripsi ini bersifat kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk memperoleh data tesebut peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, triangulasi, pengujian keabsahan data dengan menggunakan beberapa variabel atau skripsi yang relevan saling berkaitan sehingga dapat memperkuatkan data yang didapati dalam penelitian. Selanjutnya dalam pengujian keabsahan data, peneliti memahami terlebih dahulu penelitian lain yang berkaitan dengan masalah ini yang sudah diteliti oleh orang lain ditempatkan untuk memperkuatkan isi dari skripsi yang bermutu. Analisis data dilakukan dengan tiga komponen analisis yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing / Verification. Penelitian menemukan bahwa Problem yang dihadapi Orang Tua dalam m elanjutkan Pendidikan Anak ke Perguruan Tinggi di Desa Betung Bedarah Timur adalah karena Faktor Lingkungan Masyarakat, Ekonomi Keluarga dan Kemauan Anak Kata kunci: Prolematika Orang Tua, Pendidikan Anak, Perguruan Tinggi
PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI Ali Amin; Kasful Anwar; Habib Muhammad
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.25

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi berada di Kecamatan Danau Teluk tepatnya di Jalan KH.Hasan Anang Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk sekitar 1 KM dari Pasar Tradisional Olak Kemang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Proses Pembelajaran Fiqh siswa kelas VII C di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi, beserta problematika dalam pembelajaran Fiqhsiswa kelas VII C di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi , dan apa yang dilakukan guru fiqih untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk memperoleh data tesebut peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, triangulasi, pengujian keabsahan data dengan menggunakan beberapa variabel atau skripsi yang relevan saling berkaitan sehingga dapat memperkuatkan data yang didapati dalam penelitian. Selanjutnya dalam pengujian keabsahan data, peneliti memahami terlebih dahulu penelitian lain yang berkaitan dengan masalah ini yang sudah diteliti oleh orang lain ditempatkan untuk memperkuatkan isi dari skripsi yang bermutu. Analisis data dilakukan dengan tiga komponen analisis yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing / Verification. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Problematika guru dalam pembelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kota Jambi adalah Problem siswa,Problem guru, Problem lingkungan, problem kurikulum dan Problem sarana dan prasarana. kurikulum Upaya dalam mengatasi problem sarana dan prasarana.
STRATEGI GURU IMLA’ DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR IMLA’ PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KECAMATAN MANDIANGIN KABUPATEN SAROLANGUN Riska Riskiyanti; Habib Muhammad
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.26

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tentang. Strategi Guru Imla Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Imla’(menulis Al-Qur’an) di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran Imla’ adalah dengan menggunakan strategi ceramah, metode latihan dan metode penugasan. Kedua, Kemampuan siswa dalam belajar imla’ tidak semuanya bisa, banyak siswa yang kurang bisa dalam menulis Imla’. Belum bisa menyambung dan merangkai hurufnya, menjadi kalimat. Hanya beberapa siswa yang bisa. Ketiga, Adapun kemampuan siswa dalam menulis dan memahami imla’banyak juga yang belum bisa. Hanya beberapa siswa yang sudah bisa menulis Imla’
STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Nurul Ariza; Fikri Fikri; Habib Muhammad
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.27

Abstract

Madrasah Aliyah Swasta Al Khairiyah Kota Jambi terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto No.46/47 Kel.Sungai Asam, Kec.Pasar Jambi, Kota Jambi Provinsi Jambi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, faktor penyebab kurangnya motivasi belajar siswa, dan upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Al Khairiyah Kota Jambi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara. analisis data penelitian dilakukan dengan mereduksi data, menyajiakan data, dan menyimpulkan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru akidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al Khairiyah Kota Jambi hanya menggunakan strategi/metode ceramah. Faktor penyebab kurangnya motivasi belajar siswa yakni terdapat dua faktor yakni faktor eksternal (luar diri siswa) dan faktor internal (dalam diri sendiri). Adapun faktor eksternal ialah lingkungan dan orang tua dan faktor internal ialah diri siswa sendiri. Adapun upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa antara lain; memberikan perhatian lebih, memberikan hadiah, menghargai sesuatu yang dikerjakan siswa sekecil apapun dan yang terakhir memberi pujian.