Studi ini menguji apakah Adversity Quotient (AQ) berpengaruh signifikan atau tidak signifikan terhadap hasil belajar Sains alam siswa sekolah dasar. Adversity quotient adalah kemampuan seseorang dalam mengamati kesulitan dan memproses/menyelesaikannya dengan kecerdasannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan pengaruh Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar Sains alam anak-anak sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian (H1) diterima, atau Ho ditolak. Karena nilai F Count = 2.049 > nilai F Tabel = 4.28 maka Ha diterima sementara Ho ditolak. Ini berarti: Adversity Quotient (X₂) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Adversity Quotient (X₂) terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023