Journal of Education Research
Vol. 4 No. 2 (2023): JUNI 2023

The Effect of Adversity Quotient (AQ) on Natural Science Learning Outcomes in Elementary School Students

Savitri Suryandari (Prodi PGSD, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Leni Yuliana (Prodi PGSD, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Studi ini menguji apakah Adversity Quotient (AQ) berpengaruh signifikan atau tidak signifikan terhadap hasil belajar Sains alam siswa sekolah dasar. Adversity quotient adalah kemampuan seseorang dalam mengamati kesulitan dan memproses/menyelesaikannya dengan kecerdasannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan pengaruh Adversity Quotient (AQ) terhadap hasil belajar Sains alam anak-anak sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian (H1) diterima, atau Ho ditolak. Karena nilai F Count = 2.049 > nilai F Tabel = 4.28 maka Ha diterima sementara Ho ditolak. Ini berarti: Adversity Quotient (X₂) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Adversity Quotient (X₂) terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...