Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 1 (2023): EduTIK : Februari 2023

Analisis dan Pengembangan Jaringan Komputer di SMK Negeri 8 Weda Halmahera Tengah

Dani Daryos Papaceda (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Alfrina Mewengkang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Stralen Pratasik (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Jaringan komputer adalah sebuah system yang terdiri dari beberapa komponen komputer dan device yang saling berhubungan melalui transmisi kabel atau wireless. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan suatu jaringan yang berskala besar atau kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengembangan jaringan komputer dan internet di SMK Negeri 8 Weda Halmahera Tengah, untuk mengoptimalkan pengunaan jaringan komputer dan internet sehingga mempermuda guru-guru, staf tata usah dan siswa-siswi dalam mengakses internet. Penelitian ini mengunakan metode NDCL (network development life cycle) yang memiliki beberapa tahapan yaitu: analisis, design, simulasi, implementasi, manajemen, dan monitoring. Setelah menganalisis keadan awal dan mengembangkan atau mengrekomendasi jaringan yang baru, dapat mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada dan guru-guru staf tata usaha, siswa-siswi dapat mengakses internet sebagai mana mestinya. Pengembangan jaringan komputer ini dimaksudkan untuk mengatasi kekurangan-kekurangan di SMK Negeri 8 Weda Halmahera Tengah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...