Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 1 (2023): EduTIK : Februari 2023

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon

Anastasya Mical Pingkan Kapele (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Mario Tulenan Parinsi (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Charnila Desria Heydemans (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Sebuah teknologi di dalam bidang pendidikan kini dapat dimanfaatkan dengan tujuan memecahkan berbagai permasalahan yang ada termasuk masalah belajar peserta didik di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode pengembangan ini terdiri atas 6 tahapan, yaitu: (1) Concept, (2) Design, (3) Material Collecting, (4) Assembly, (5) Testing, (6) Distribution. Pengujian media pembelajaran ini meliputi 3 pengujian, yaitu uji kompatibilitas oleh ahli media, uji kesesuaian materi oleh ahli materi, dan uji kegunaan oleh pengguna. Pembuatan media pembelajaran ini sendiri menggunakan aplikasi Adobe Animate. Dari pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon, tidak memiliki masalah dan layak digunakan sebagai alat bantu bagi peserta didik maupun guru dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...