Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 1 (2023): EduTIK : Februari 2023

Pengembangan E-Marketplace untuk Produk Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Negeri Manado

Daniel Riano Kaparang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Danius Kolibu (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Stralen Pratasik (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Marketplace merupakan suatu tempat atau pasar online yang mempertemukan penjual dan pembeli secara daring atau dalam jaringan Pemasalahan dalam penelitian ini yaitu belum adanya media marketplace yang dapat digunakan mahasiswa wirausaha Universitas Negeri Manado. System transaksinya pun masih tradisional dimana pembeli harus datang ke tempat penjual untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan tentunya memakan biaya, tenaga dan waktu. Masalah lainnya yaitu mahasiswa kewirausahaan memasarkan produknya ke berbagai platform jual beli sehingga mempersulit pihak universitas dalam mengawasi perkembangan usaha mahasiswa. Dalam menjawab permasalahan ini peneliti membangun sistem jual beli online yang dapat memfasilitasi mahasiswa dalam proses berwirausaha. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) selanjutnya dalam manajemen data peneliti menggunakan MySql sebagai DBMS (Database Management Sistem) dan menggunakan framework Codeigniter 3 yang berbasis bahasa pemrograman PHP. Keunggulan framework ini yaitu telah menggunakan MVC (Model, View, Controller) dengan konsep PBO (Pemrograman Berorientasi Objek). Untuk desain tampilan menggunakan HTML, CSS dan javascript. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini yaitu RAD (Rapid Aplication Development). Dengan adanya sistem ini peneliti berharap dapat menyelesaikan permasalahan biaya, tenaga, dan waktu, juga dapat mempermudah pihak Universitas khususnya penyelenggara program kewirausahaan dalam memonitor mahasiswa dalam proses berwirausaha. Penelitian ini memiliki tujuan agar mahasiswa Universitas Negeri Manado dapat memasarkan produk kewirausahaan secara online dalam satu media E-marketplace yang dikelolah langsung pihak Universitas Negeri Manado.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...