Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 1 (2023): EduTIK : Februari 2023

Pengembangan Sistem Informasi Layanan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Marchellino Lelet (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Daniel Riano Kaparang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Stralen Pratasik (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Layanan Surat Mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana cara mengembangkan sistem informasi layanan mahasiswa yang sesuai dengan standar layanan mahasiswa di Fakultas Teknik. Dengan adanya permasalahan yang ditemui sehingga penulis memberikan solusi yaitu Pengembangan Sistem Informasi Layanan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) selanjutnya dalam manajemen data peneliti menggunakan MySQL sebagai DBMS (Database Management Sistem) dan menggunakan framework Codeigniter 3 yang berbasis bahasa pemrograman PHP. Keunggulan framework ini yaitu telah menggunakan model MVC (Model, View, Controller) dengan konsep PBO (Pemrograman Berorientasi Objek). Untuk desain tampilan menggunakan HTML, CSS dan javascript. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini yaitu Adaptive Software Development (ASD) merupakan suatu model yang tergolong dalam Agile Development Methods. Penulis mengharapkan dengan adanya solusi ini dapat membantu layanan mahasiswa agar berjalan dengan baik dan efisien juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...