PTK: Jurnal Tindakan Kelas
Vol. 3 No. 2 (2023): Mei 2023

Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Valia Prastica Kalangi (Universitas Terbuka Manado)
Rizki Zakwandi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Metode pembelajaran yan g tidak tepat menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPA Kelas IV pada materi gaya dan gerak, buktinya siswa belum dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda dan siswa belum dapat mengkategorikan gaya tarik  dan gaya dorong dikarenakan pada saat pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Gaya dan Gerak siswa kelas IV SD di Kabupaten Minahasa melalui penerapan  metode pembelajaran eksperimen. Tindakan penelitian ini dilakukan mulai dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar tes dan lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  penggunaan metode pembelajaran eksperimen terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV.  Melalui penerapan metode pembelajaran eksperimen, hasil belajar siswa kelas IV mengalami peningkatan dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada kegiatan pra siklus hanya 7 siswa dengan presentase 31,81%, kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 14 siswa dengan presentasi 63,63% yang tuntas dan pada Siklus II mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 21 siswa dengan presentase 95,45% yang tuntas. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi gaya dan gerak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media ...