Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan peluangsuatu kejadian dan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media mata uang logam, sebagai salah satu alternative meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan peluang suatu kejadian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas XII-MIA-3 MAN 1 Kota Bima yang berjumlah 32 orang. Hasil analisis setelah dilakukan siklus I pada post test I,mempunyai rata-rata 65. Dimana dari 30 orang siswa 20 orang kategoti tidak tuntas. Kesulitan siswa dapat diketahui daribeberapa hal : (1) Siswa tidak tahu maksud soal, (2) Siswa tidak dapat membedakan ruang sampel dengan titik sampel,(3) Siswa sering kurang konsentrasi dalam belajar. Hasil analisis setelah dilakukan siklus II pada post test II, mempunyai rata-rata 90. Dimana dari 32 orang siswa tidak ada yang dibawah KKM, bahkan sangat baik 25 orang. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak diperlukan lagi ke siklus selanjutnya. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1)Dalam belajar matematika harus menggunakan metode belajar untuk mempermudah siswa memahami materi yangdiajarkan, (2) Penggunaan alat peraga yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022