Kresna: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 1 (2023): Jurnal KRESNA Mei 2023

Penerapan Electronic Customer Relationship Management Berbasis Framework of Dynamic CRM Pada Toko Clashy

Athallah Hanif Prasetyo (Universitas Budi Luhur)
Agus Umar Hamdani (Universitas Budi Luhur)
Dian Anubhakti (Universitas Budi Luhur)
Samsinar Samsinar (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Clashy.id adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perawatan kecantikan, kosmetik, dan perawatan pribadi untuk laki-laki dan perempuan dari berbagai usia. Saat ini, Clashy.id belum memiliki sistem online yang dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap pelanggan. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menganalisis dan merancang sebuah sistem dengan menggunakan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) menggunakan pendekatan framework of Dynamic CRM dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan kerangka kerja Laravel. Sistem ini dirancang untuk mengelola hubungan antara Clashy.id dengan pelanggan dan meningkatkan pelayanan serta loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, pengumpulan dokumen, perancangan prototype, serta memberikan kesimpulan dan saran. Hasil penelitian adalah sebuah prototype E-CRM yang mencakup fitur login, data pelanggan, pendaftaran online, kehadiran, konsultasi online, promosi, pengumuman, dan penanganan keluhan yang dapat memenuhi kebutuhan dan membantu kelancaran proses bisnis dan komunikasi bagi kedua belah pihak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Kresna

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Jurnal KRESNA adalah media publikasi online hasil penelitian yang diterbitkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), Universitas Budi Luhur. Topik pada Jurnal ini adalah: - Ilmu Komputer dan Teknik Elektro - Ekonomi dan Bisnis - Komunikasi dan Desain Kreatif - Ilmu Sosial dan ...