JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 11, No 1 (2023): June 2023

Pengembangan Buku Siswa melalui Lesson Study dengan menggunakan Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran IPA Terpadu yang Bermakna.

Geterudis Kerans (STKIP Weetebula)
Khristoforus Palli Ngongo (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Virus Corona telah menjadi Pandemi dan membawa dampak yang besar di berbagai bidang kehidupan termasuk di bidang Pendidikan. Banyak kebijakan yang diambil dalam bidang pendidikan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar seperti blended learning atau bahkan full online. Terdapat berbagai dampak yang muncul dari setiap kebijakan yang diambil antara lain 1) adanya pemotongan jam mengajar untuk setiap mata pelajaran, 2) tidak tercapainya tujuan dan penilaian akhir yang hendak dicapai dalam kurikulum 2013 3) selama KBM guru hanya menekankan pada penyelesaian materi pelajaran dan menyampingkan pendidikan karakter dan keterampilan 4) siswa yang tidak KBM hanya mendapatkan tugas berupa soal dan dikumpulkan tanpa pembahasan. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan suatu alat seprti buku siswa yang mampu membantu para siswa untuk memahami materi namun juga mengasah keterampilannya. Rumusan masalah yang ingin diteliti adalah 1) Apakah buku siswa yang dikembangkan melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL valid dan dapat digunakan? dan 2) Apakah Buku Siswa yang disusun melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dapat terbaca dengan baik oleh siswa kelas 7 SMP? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) menghasilkan buku siswa yang dikembangkan melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL yang valid dan dapat digunakan dan 2) Buku Siswa yang disusun melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dapat terbaca dengan baik oleh siswa kelas 7 SMP.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan pendidikan (Education Research and Development), yaitu mengembangkan Buku Siswa untuk Mata Pelajaran IPA terpadu melalui Lesson Study dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan mengikuti prosedur pengembangan pembelajaran menurut Plom dan dipadukan dengan 3 tahapan langkah dalam Lesson Study yaitu tahapan Plan yang mencakup fase pengembangan preliminary investigation, tahapan do yang mencakup fase pengembangan design and realization dan tahapan see yang mencakup fase pengembangan test, evaluation and revition. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa secara deskriptif untuk menganalisis aspek validitas dan keterbacaannya. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil validasi ahli buku siswa yang dikembangkan melalui lesson study dengan menggunakan model pembelajaran PjBL Valid dan dapat digunakan. Hasil Uji keterbacaan oleh siswa kelas 7 SMP juga menunjukan hasil yang sangat baik dan hasil ini menunjukan bahwa buku ini layak digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...