JURNAL KEGURUAN
Vol 11, No 1 (2023)

Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Buddhis Bodhicitta Medan

Josua Chariston Simanungkalit (Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Kristen, Instiut Agama Kristen Negeri Tarutung, Indonesia)
Eben Haezarni Telaumbanua (Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Kristen, Instiut Agama Kristen Negeri Tarutung, Indonesia)
Elsina Sihombing (Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Kristen, Instiut Agama Kristen Negeri Tarutung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan terhadap kinerja guru pada SMA Buddhis Bodhicitta. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai F hitung F tabel (34,786 3,15) dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya secara simultan atau bersama- sama kedua variabel bebas tersebut mempengaruhi secara positif terhadap variabel terikat. Hal ini berarti bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja guru meningkat maka kinerja guru akan meningkat. Begitu pula sebaliknya kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja guru menurun maka kinerja guru juga menurun.  pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMA Buddhis Bodhicitta. Hal ini dapat dilihat dari uji t antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, dari hasil perhitungannya menunjukkan thitung ttabel yaitu 3,116 2,000 pada taraf signifikansi 5 % dan N = 31. Hal ini berarti gaya kepemimpinan kepala sekolah meningkat maka kinerja guru juga meningkat, dan kinerja guru menurun atau rendah bila gaya kepemimpinan kepala sekolah menurun.

Copyrights © 2023