Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
Vol 7, No 1 (2023)

PENGARUH PANJANG INTAKE RUNNER PADA HONDA 4 STROKE 200 CC TERHADAP AKSELERASI

Moh Shofi Ainun Najib (Universitas Negeri Malang)
Muchammad Harly (Universitas Negeri Malang)
Paryono Paryono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen menggunakan objek penelitian motor Honda 4 Stroke 200cc. Menguji hipotesis yang diajukan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap akselerasi mesin menggunakan pengujian One Way Anova. Pada eksperimen ini pengujian dilakukan dengan mengubah model panjang saluran intake runner pada head cylinder. Variabel bebas pada penelitian ini meliputi modifikasi panjang intake runner yang terdiri dari intake runner standar, intake runner modifikasi pendek, dan intake runner modifikasi panjang, Sedangkan variabel terikatnya yaitu akselerasi mesin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penggunaan panjang intake runner ukuran standar menghasilkan akselerasi yang lebih baik pada kecepatan tengah yaitu pada 60-80 Km/j hanya membutuhkan waktu 0,64 m/s, pada modifikasi intake runner panjang menghasilkan akselerasi yang lebih baik pada kecepatan awal yaitu 0-60 Km/j hanya membutuhkan waktu 1, 38 m/s, pada modifikasi intake runner pendek menghasilkan akselerasi yang lebih baik pada kecepatan atas yaitu 60-100 Km/j hanya membutuhkan waktu 0,5 m/s, (2) Terdapat pengaruh penggunaan intake runner secara fisik dengan penggunaan intake runner modifikasi pendek ukuran 17,5 cm menyebabkan tenaga mesin semakin responsif terhadap akselerasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JTO

Publisher

Subject

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik ...