Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen menggunakan objek penelitian Honda Beat 110cc. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Pada eksperimen ini pengujian dilakukan dengan melakukan pergeseran posisi awal sensor TPS pada posisi 10, 20, 30. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pergeseran posisi awal sensor TPS. Sedangkan variabel terikatnya yaitu putaran idle dan emisi gas buang HC dan CO. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil penelitian yaitu: 1) Pengaruh learning idle volume pada pergeseran setting awal TPS terhadap putaran idle honda beat 110 cc dengan putaran idle yang menggunakan pergeseran 10 memperoleh nilai sebesar 0,277, pergeseran 20 memeperoleh nilai sebesar 0,416 dan putaran idle pergesaran 30 memperoleh nilai sebesar 0,453; 2) Tidak terdapat pengaruh learning idle volume pada pergeseran setting awal TPS terhadap emisi gas buang HC dan CO. Hal tersebut dibuktikan pada saat posisi TPS digeser 10 pada 7500 RPM menghasilkan emisi gas buang HC dan CO sebesar 958 ppm dan 2,5 persen, posisi TPS digeser 20 pada 7500 RPM menghasilkan 859 ppm dan 2,47 persen, posisi TPS digeser 30 pada 7500 RPM menghasilkan 833 ppm dan 2,74 persen; dan 3) Terdapat pengaruh learning idle volume pada pergeseran setting awal TPS terhadap putaran idle dan tidak ada pengaruh pergeseran TPS terhadap emisi gas buang.
Copyrights © 2023