Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kesantunan berbahasa, nilai pendidikan karakter, dan relevansi naskah sandiwara radio Duroko Sinandi terhadap materi ajar menelaah naskah sandiwara kelas IX SMP. Desain penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan jenis analisis isi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitiatif dengan pendekatan sosiopragmatik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) temuan kesantunan berbahasa: (a) prinsip kebijaksanaan sebanyak tiga tuturan; (b) prinsip formalitas-tepa selira sebanyak enam tuturan; (c) prinsip penghargaan dan kerendahan hati-andhap asor sebanyak lima tuturan; dan (d) prinsip ketidaklangsungan sebanyak satu tuturan. (2) temuan jenis nilai pendidikan karakter: (a) nilai rasa ingin tahu sebanyak sembilan belas tuturan; (b) nilai tanggung jawab sebanyak empat tuturan; (c) nilai jujur sebanyak empat tuturan; (d) nilai kerja keras sebanyak dua tuturan; (e) nilai toleransi sebanyak satu tuturan; (f) nilai peduli sosial sebanyak lima tuturan; (g) nilai cinta damai sebanyak dua tuturan. (3) Hasil analisis kesantunan berbahasa dan nilai pendidikan karakter dalam naskah sandiwara radio Duroko Sinandi yang relevan untuk digunakan sebagai referensi materi ajar dalam pembelajaran menelaah naskah sandiwara kelas IX SMP.
Copyrights © 2022