Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMKN 5 Pangkep. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), motivasi kerja dan kinerja guru. Adapun data di peroleh dari angket dengan menyebarkan langsung dan memanfaatkan aplikasi google form, dilengkapi dengan wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah guru di SMKN 5 Pangkep sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berada pada kategori tinggi sebesar 90% dan motivasi kerja guru berada pada kategori sedang sebesar 3.3 % terhadap kinerja guru. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berpengaruh positif signifikan sebesar 70% terhadap kinerja guru di SMKN 5 Pangkep. Motivasi kerja berpengaruh positif sebesar 3.3% terhadap kinerja guru di SMKN 5 Pangkep. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan motivasi kerja berpengaruh simultan sebesar 0.05% terhadap kinerja guru di SMKN 5 Pangkep.Keywords: Pembelajaran Berbasis TIK, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.
Copyrights © 2022