Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 4 (2023): April 2023

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah menggunakan Metode Prototyping (Studi pada Sekolah SMA Negeri Mojoagung)

Ahmad Dany Mirza (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Satrio Agung Wicaksono (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Aditya Rachmadi (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

SMA Negeri Mojoagung telah menerapkan kurikulum merdeka pada kelas X dan akan diterapkan bertahap pada kelas XI dan XII. Karakteristik kurikulum ini adalah sesuai dengan profil siswa Pancasila. Salah satu projek untuk memperkuat profil siswa Pancasila adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi. Penilaian profil siswa Pancasila menggunakan rubrik deskripsi fase E/F dan berbeda untuk setiap siswa. Namun, pada proses pengelolaan nilai masih dilakukan satu per satu sesuai dengan kompetensi dasar, sementara aktivitas yang dilakukan dalam profil siswa Pancasila berbeda-beda dan belum ada sistem informasi yang mendukung. Penelitian di SMA Negeri Mojoagung bertujuan untuk membuat sistem informasi berbasis website yang mampu membantu dalam proses pengelolaan nilai siswa yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode SDLC model prototyping. Analisis kebutuhan dilakukan dengan teknik wawancara dan mempelajari buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dalam pengembangan sistem informasi berbasis website ini, terdapat dua aktor, yaitu admin dan pendidik. Perancangan hasil analisis kebutuhan menggunakan UML dan meliputi use case, activity, sequence, dan class diagram. Sistem diimplementasikan menggunakan PHP dan framework Laravel. Pengujian menggunakan metode black box testing jenis validasi dan mendapatkan hasil 100% valid. Hasil pengujian UAT juga mendapatkan hasil 100% bahwa sistem dapat diterima dan digunakan oleh pengguna. Dengan adanya sistem informasi dalam pengelolaan nilai siswa diharapkan dapat membantu dalam manajemen nilai siswa dan memudahkan proses penilaian profil siswa Pancasila yang berbeda-beda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...