Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji serta mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan di J & T Cabang Jayapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada J & T Cabang Jayapura dengan jumlah pelanggan rata-rata 9.048 setiap bulan. Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan formulasi slovin. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh para responden. Metode analisis data yang akan dilakukan terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, serta pengujian hipotesis melalui analisis regersi linear berganda, uji t uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini secara parsial dan secara simultan menunjukkan bahwa variabel-variabel dalam bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, fasilitas fisik dan proses masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan J & T Cabang Jayapura. Kata Kunci: produk; tempat; partisipan/orang; harga; promosi; sarana fisik; proses; kepuasan.
Copyrights © 2023