Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 8 No. 4 (2022): Pendidikan dan Studi Islam

Upaya Pembentukan Kepribadian Santri Baru Melalui Program Arba’in di Pondok Pesantren

Asdlori (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Lufianti Wulan Mahfiroh (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Muhamad Slamet Yahya (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Pondok pesantren pada tujuannya mempunyai fungsi untuk memberikan penanaman nilai-nilai kebaikan, sehingga pada akhirnya kebaikan tersebut dapat menjadi watak dan kepribadian yang akan menjadi modal utama dalam bersosialiasi. Pada faktanya, tidak jarang santri yang belum mampu menginternalisasi nilai-nilai kebaikan tersebut sehingga diperlukan upaya-upaya untuk memudahkan pembentuk kepribadian santri, bukan saja pada pembelajaran namun juga di luar pembelajaran kelas, di antaranya melalui program arba’in. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif analisis. Penelitian bertempat di Pondok Pesantren al-Hidayah Karangsuci, Banyumas. Hasilnya, pembentukan kepribadian santri melalui pengamalan program arba’in terbentuk dari kegiatan-kegiatan rutin seperti sholat berjamaah, pembacaan dzikir, dan menghafalkan surat-suratan pendek. Nilai kepribadian yang terbentuk dari pengamalan program arba’in berupa nilai kepatuhan, kemandirian, kesederhanaan, persatuan, dan akhlak yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...