EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Profil Penelitian Pengembangan Mahasiswa Pendidikan Kimia FIKIP UNTAN Pada Tahun 2018-2021

Selvia L (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Erlina Erlina (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Ira Lestari (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Eny Enawaty (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Rody Putra Sartika (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat proporsi yang dimiliki oleh mahasisiwa pendidikan kimia dalam pengembangan media pembelajaran sebagai tugas akhir. Subjek penelitian skripsi ini yaitu mahasiswa pendidikan kimia FKIP UNTAN yang telah menyelesaikan studi pada kurun waktu 4 tahun yaitu 2018-2021 yang berjumlah 103 skripsi yang melakukan penelitian pengembangan. Dari 103 skripsi tersebut terdapat 63 skripsi tentang pengembangan media pembelajaran (cetak). Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan teknik pengolahan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan mahasiswa kimia pendidikan termasuk kreatif ditunjukan dengan proporsi mencapai 76% .Nilai proporsi tersebut diperoleh dari rata-rata pengembangan media dengan menggunakan metode pendekatan tertentu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...