PRISMA
Vol 12, No 1 (2023): PRISMA

Analisis Computational Thinking dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linear

Elinda Elinda (Unknown)
Laelasari Laelasari (Universitas Swadaya gunung jati, Cirebon)
Jajo Firman Raharjo (Universitas Swadaya gunung jati, Cirebon)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan computational thinking siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear, serta mengetahui respon siswa terhadap pemahaman computational thinking dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, 2 siswa yang memiliki kemampuan awal matematis yang rendah, 2 siswa yang memiliki kemampuan awal matematis yang sedang yang di ambil dari 24 populasi, dan satu tenaga pendidik untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki oleh siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni tes tertulis, wawancara dan angket respon siswa. Kemudian data tersebut dianalisis berdasarkan indikator kemampuan computational thinking. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyejian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan computational thinking dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear yang dimiliki siswa dapat dikatakan rendah karena hasil dari tes tertulis masih terdapat siswa yang belum dapat menyelesaikan soal tersebut dengan memenuhi indikator dari computational thinking. Respon siswa terhadap pemahaman computational thinking dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear dari hasil angket yang diproleh memiliki interpretasi yang baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...