PRISMA
Vol 12, No 1 (2023): PRISMA

Analisis Desain Didaktis Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Konstruktivisme dan Model Discovery Learning

Rani Rahmawati ((Scopus ID 57208417776), Universitas Kuningan)
Sumarni Sumarni (Universitas Kuningan)
Nuranita Adiastuty (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penguasaan siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar masih mengalami kesulitan dan hambatan dalam memahami konsep dan prinsip karena cenderung pada menghafal tanpa membangun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan pendekatan konstruktivisme dan model discovery learning berdasarkan perspektif teori situasi didaktis. Penelitian ini termasuk pada model Didactical Design Research (DDR) dengan hanya menggunakan tahapan pertama yaitu Prospective Analysis atau Pra observasi Pembelajaran. Guru model yang merancang desain pembelajaran ini dijadikan sebagai partisipan atau subjek penelitian, informan dan instrumennya. Teknik pengumpulan data berupa wawancara pada guru model serta menganalisis desain pembelajarannya. Analisis data yang dilakukan yaitu Prospective Analysis dengan langkah meliputi: 1) menentukan konsep kajian dan pendekatannya, 2) melakukan kajian literature, 3) melakukan wawancara, 4) menganalisis desain pembelajaran, 5) memprediksi dugaan hambatan belajar, 6) menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis perangkat berupa RPP dan LKS, RPP secara keseluruhan telah mencakup seluruh komponen, namun terdapat beberapa komponen yang belum lengkap atau masih memiliki kekurangan seperti pada komponen KI, KD dan IPK, materi, media, sumber belajar, dan langkah-langkah pembelajaran. Sedangkan LKS yang dirancang telah sesuai dan memenuhi setiap sintaks model discovery learning serta pendekatan konstruktivisme meskipun terdapat beberapa learning obstacle dalam penyajiannya maupun pada soal non rutin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...