PRISMA
Vol 12, No 1 (2023): PRISMA

Eksperimentasi Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Konsep Matematis Siswa

Desmianty Purwanty (Unniversitas Muhammadiyah Sukabumi)
Aritsya Imswatama (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Yanti MUlyanti (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran RME. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PLUS ANNABA pada bulan November sampai bulan Desember tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimen Design, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Probability Sampling. Jenis probability sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Peneliti menggunakan 1 kelas yang melibatkan kelas eksperimen saja sebanyak 20 orang siswa dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran RME. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas XI OTKP 1 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran RME.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...